Plt. Wali Kota Pematangsiantar dr, Susanti Dewayani, Sp.A, Audensi Sekaligus Silahturahmi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematangsiantar |
28 April 2024

Berita Update Terpercaya

Plt. Wali Kota Pematangsiantar dr, Susanti Dewayani, Sp.A, Audensi Sekaligus Silahturahmi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematangsiantar

Ket. Foto: Plt. Wali Kota Pematangsiantar dr, Susanti Dewayani, Sp.A, gelar Audensi sekaligus Silaturahmi bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar_MahagaNews.com|

Kepala badan pusat statistik. kota pematangsiantar Marlise Simamora, SE, MM Audensi sekaligus silaturahmi di ruang kerja walikota pematangsiantar jalan merdeka rabu 27/04/2022.

Kepala badan pusat statistik kota pematangsiantar Marlise Simamora, SE, MM mengatakan badan pusat statistik adalah lembaga pemerintah non-departemen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. 

Sebelumnya, BPS merupakan biro pusat statistik, yang dibentuk berdasarkan uu nomor 6 Tahun 1960 tentang sensus dan uu nomer 7 tahun 1960 tentang statistik.

Sebagai pengganti kedua uu tersebut ditetapkan uu nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik. berdasarkan uu ini yang di tindaklanjuti dengan peraturan perundangan di bawahnya, secara formal nama biro pusat statistik diganti menjadi badan pusat statistik.Materi yang merupakan muatan baru dalam uu nomor 16 Tahun 1997, antara lain :  

Jenis statistik berdasarkan tujuan pemanfaatannya terdiri atas statistik dasar yang sepenuhnya diselenggarakan oleh BPS, statistik sektoral yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah secara mandiri atau bersama dengan BPS, serta statistik khusus yang diselenggarakan oleh lembaga, organisasi, perorangan, dan atau unsur masyarakat lainnya secara mandiri atau bersama dengan BPS.

Hasil statistik yang diselenggarakan oleh BPS diumumkan dalam berita resmi statistik (BRS) secara teratur dan transparan agar masyarakat dengan mudah mengetahui atau mendapatkan data yang diperlukan dengan sistem statistik nasional yang handal, efektif, dan efisien.

Dibentuknya forum masyarakat statistik sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat statistik, yang bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada BPS.berdasarkan undang-undang yang telah disebutkan di atas, peranan yang harus di jalankan oleh BPS adalah sebagai berikut :  

Menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat. data ini di dapatkan dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri dan juga dari departemen atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder

Membantu kegiatan statistik di departemen, lembaga pemerintah atau institusi lainnya, dalam membangun sistem perstatistikan nasional.

Mengembangkan dan mempromosikan standar teknik dan metodologi statistik, dan menyediakan pelayanan pada bidang pendidikan dan pelatihan statistik.

Membangun kerjasama dengan institusi internasional dan negara lain untuk kepentingan perkembangan statistik indonesia.

Dalam kesempatan itu, kepala badan pusat statistik. kota pematangsiantar, Marlise Simamora, SE, MM, juga menyampaikan bahwa pada tahun ini saya telah menjadi purna ( telah Pensiun) menjadi ASN ( pegawai).

Maka dari itu saya atas nama pribadi dan para pegawai badan pusat statistik kota pematangsiantar mengucapkan terimakasih atas dukungan serta kerjasamanya selama ini dalam kepemimpinan saya, serta memohon maaf jika ada yang kurang dalam kami melakukan pekerjaan kami mohon maaf.

Plt.Wali Kota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A. dalam sambutannya menyampaikan

Badan pusat statistik (BPS) merupakan penyedia data statistik dasar yang bisa menggambarkan kondisi suatu wilayah secara makro.

Namun pemanfaatan data yang tersedia masih belum optimal, karena  peranan data statistik sektoral untuk menjadi dasar dalam pengambilan arah kebijakan pembangunan di kota Pematangsiantar, imbuhnya.

Plt walikota menambahkan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di suatu daerah membutuhkan peran investor. data menjadi rujukan valid untuk menentukan kebijakan investasi yang akan dilakukan.

Plt walikota juga mengucapkan terima kasih kepada kepala badan pusat statistik. kota pematangsiantar, ibu,Marlise Simamora, SE, MM, bersama rombongan.

Terimkasih atas dukungan dan kerjasama selama ini, karena menurut kami sinergilitas antara pemerintah kota pematangsiantar dengan BPS selama ini cukup baik kepada ibu,Marlise Simamora, SE, MM 

Kami tak lupa juga mengucapkan selamat menjadi purna bhakti sebagai ASN

dan semoga kita semua Allah berikan kekuatan dan mampu menjadi pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya masyarakat kota pematangsiantar.

Turut hadir dalam kesempatan ini sekda kota pematangsiantar, Budi Utari, APkabag porkopim, Mardiana,SHkabag umum, Arri S Sembiring, S.STP. M.Si

Humas Pemko Pematangsiantar Editor :

Andy Alfiano