UP PKB PULOGADUNG DAPAT PENGHARGAAN PENYELENGGARA PENGUJIIAN KENDARAAN MOTOR TERBAIK |
17 Juni 2024

Berita Update Terpercaya

UP PKB PULOGADUNG DAPAT PENGHARGAAN PENYELENGGARA PENGUJIIAN KENDARAAN MOTOR TERBAIK

Jakarta – Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung mendapatkan penghargaan sebagai Penyelenggara Pengujian Kendaraan Bermotor Terbaik I yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan. Acara pemberian penghargaan dilaksanakan di Mason Pine Hotel, Bandung, Rabu (8/11/2023).

Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno kepada Kepala UP PKB Pulogadung Edy Sufa’at.

Hendro Sugiatno menyampaikan, teknologi transportasi publik kedepan akan berkembang dengan pesat, dan hal ini menjadi tantangan bagi kita sebagai aparatur Pemerintah untuk bisa mengikutinya dengan menyesuaikan terhadap peraturan yang ada.

“Kita juga dituntut memiliki kesiapan dan kemampuan sumber SDM yang terbaik. Karenanya kami berharap Rakornis ini menjadi sarana memperbaharui informasi dan untuk meningkatkan kemampuan kita semua,” katanya Hendro Sugiatno, dalam acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat bertema Kolaborasi Kebijakan Untuk Transportasi Darat Yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala UP PKB Pulogadung Edy Sufa’at mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan. Menurutnya, ini merupakan bentuk tantangan kedepan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam melakukan pengujian kendaraan bermotor.

“Penghargaan ini sebagai wujud tantangan bagi kita kedepan supaya kita melakukan yang terbaik dalam penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor, baik dari segi SDM, maupun lainnya,” ucap Edy Sufa’at kepada wartawan.

Dalam Rakornis Bidang Perhubungan Darat ini juga dibahas sejumlah persiapan penting menghadapi Persiapan Pelaksanaan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan jajarannya untuk mempersiapkan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dengan baik.

“Skenario pengaturan lalu lintas harus dipersiapkan lebih baik, agar masyarakat yang pulang kampung atau berwisata tetap aman dan mendapatkan pelayanan yang memadai,” ujar Menhub melalui daring dalam acara tersebut.

Sejumlah isu yang dibahas antara lain, Implementasi Undang Undang No. 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah; Penajaman Ketatalaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi di Lingkungan Ditjen Perhubungan Darat; dan Pembahasan Organisasi dan Tata Kerja, Diskusi Advokasi Hukum di lingkungan Kementerian Perhubungan serta Diskusi terkait Manajemen Konstruksi.

Kementerian Perhubungan memberikan penghargaan dengan beberapa kategori. Untuk kategori Pemerintah Daerah Dengan Kontribusi Pemberian Subsidi Penyelenggaraan Angkutan Perkotaan Terbaik diberikan kepada Kota Semarang, Prov. DI Yogyakarta, Kota Pekanbaru, Kota Padang dan Prov. Aceh.

Sedangkan untuk Penyelenggara Pengujian Kendaraan Bermotor Terbaik diberikan kepada UPUBKB Pulogadung, DKI Jakarta, UPUBKB Kota Tangerang dan UPUBKB Tandes, Kota Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Jajaran di Lingkungan Ditjen Perhubungan Darat beserta seluruh Unit Pelaksana Teknis, Instansi pemerintah pusat terkait, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia, Pengamat Transportasi dan stakeholder terkait lainnya baik secara luring dan/atau daring.