Rutan Kabanjahe Kemenkumham Sumut, Tumbuhkan Budaya Literasi Kepada Warga Binaan |
25 April 2024

Berita Update Terpercaya

Rutan Kabanjahe Kemenkumham Sumut, Tumbuhkan Budaya Literasi Kepada Warga Binaan

Ket. Foto: Rutan Klas IIB Kabanjahe menyediakan perpustakaan sebagai wahana tempat baca yang didalamnya tersedia buku-buku bacaan bagi Warga Binaan. 

Kabanjahe_MahagaNews.com|Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. 

Literasi rendah berdampak pada tingginya Kriminalitas, penyalahgunaan obat dan alkohol, serta kemiskinan dan kesenjangan. 

Untuk peningkatan budaya literasi Warga Binaan, Rutan Klas IIB Kabanjahe menyediakan perpustakaan sebagai wahana tempat baca yang didalamnya tersedia buku-buku bacaan bagi Warga Binaan. 

Dalam rangka pengadaan buku bacaan tersebut Rutan Klas IIB Kabanjahe telah menjalin kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah pada beberapa waktu yang lalu. 

Dinas Perpustakaan sangat mengapresiasi kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan Rutan Kabanjahe sehingga mendukung program pembinaan dalam rangka peningkatan budaya literasi untuk warga binaan Rutan Kabanjahe. 

Kepala Subsi Pelayanan Tahanan, Sastra Barus mengatakan ”koordinasi dan kerjasama dengan instansi dan lembaga lain sangat diperlukan dalam rangka tercapainya tujuan sistem pemasyarakatan. 

“Program peningkatan budaya literasi sebagai wujud program pembinaan intelektual/kecerdasan untuk Warga Binaan Rutan Kabanjahe”, Ungkap Sastra Barus. 

“Jika Kamu Ingin Menguasai Dunia Kuasailah Ilmu dan Bahasa, Ilmu dan Bahasa didapat dari Membaca”.

 (DK/Hum.RK)