Plt Walikota Siantar Hadiri Malam Renungan Suci Berserta Forkopimda Apel Kehormatan Memperingati HUT RI KE 77 |
3 Oktober 2022

Plt Walikota Siantar Hadiri Malam Renungan Suci Berserta Forkopimda Apel Kehormatan Memperingati HUT RI KE 77 

Ket. Foto: Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Forkopimda Plus turut hadir dalam Acara tersebut

PematangSiantar_Mahaganews.com|Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Forkopimda Plus menghadiri Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Apel Kehormatan dan Malam Renungan Suci dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nagur, Jalan Sang Naualuh Pematang Siantar, Rabu (17/8/2022) pukul 00.00 WIB.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci diawali penghormatan terhadap arwah para Pahlawan, dilanjutkan pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando SH SIK yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Selanjutnya AKBP Fernando membacakan dan menandatangani Naskah Apel Kehormatan. Naskah tersebut berisi: “Kami yang hadir pada hari ini tanggal 17 Agustus 2022 pukul 00.00 WIB pada Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk memperingati akan jasa-jasa Pahlawan yang terdiri dari TNI 673 orang, Polri 85 orang, Sipil 22 orang, Pahlawan tak dikenal 22 orang, dengan ini kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian. 

Pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi Nusa dan Bangsa.

Perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. 

Semoga arwah saudara-saudara dan amal ibadah diterima oleh Tuhan yang Maha Esa dan mendapatkan tempat yang layak di sisinya”.

Pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci dilakukan di bawah temaram cahaya obor bertepatan dengan pemadaman lampu di area TMP  Nagur. 

Sehingga selama sekitar 30 menit, area tersebut tanpa nyala lampu listrik dan digantikan dengan nyala obor. Sehingga suasana benar-benar hening. 

Saat Mengheningkan Cipta, para peserta apel, baik dari unsur TNI, Polri, maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) dan beberapa ormas yang ada di Kota Pematang Siantar menundukkan kepala sembari terdengar sayup-sayup alunan musik yang dimainkan personel TNI.

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga SH, Kajari Kota Pematangsiantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pematang Siantar Afrizal Hady SH MH, Wadan Denpom I/1 Pematangsiantar Mayor CPM Antonius Sembiring SH, Dan Yonif 122/Tombak Sakti Letkol Inf Antony Tri Wibowo, Danki Brimob Kompi 2 Yon B AKP Ghafur Hidayat SIK MH, Sekda Kota Pematang Siantar Budi Utari Siregar AP, mewakili Danrem 022/Pantai Timur, mewakili Dandim 0207/Simalungun, mewakili Danrindam I/Bukit Barisan,para pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar, serta para camat se-Kota Pematang Siantar.

(Andy Alfiano)