Plt Wali Kota Pematang Siantar Ikuti Pidato Presiden HUT Kemerdekaan RI Ke 77 |
3 Oktober 2022

Plt Wali Kota Pematang Siantar Ikuti Pidato Presiden HUT Kemerdekaan RI Ke 77

Ket. Foto: Dalam rangka Hut Kemerdekaan Ri ke-77, Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Pematang Siantar untuk Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

PematangSiantar_Mahaganews.com|Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Pematang Siantar untuk Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022. Rapat Paripurna digelar di Ruang Sidang DPRD Kota Pematang Siantar, Selasa (16/8/2022) mulai pukul 09.00 WIB.

Rapat dibuka oleh Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga SH. Selanjutnya mendengarkan Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 yang disampaikan Ketua MPR RI H Bambang Soesatyo SE MBA. Diterangkan, Rabu (17/8/2022) bangsa Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. 

“Sudah sepatutnya kita memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang bangsa, yang telah mengorbankan tenaga, harta, bahkan jiwanya, sehingga sampailah kita kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentausa, mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” katanya.

Menurutnya, menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua, setelah 77 tahun Indonesia merdeka, kita lahirkan generasi muda yang tangguh, unggul, bersatu, dan optimis. Sehingga memiliki kesiapan untuk mengambil alih estafet kepemimpinan nasional, guna mewujudkan cita-cita bangsa menuju era Indonesia Emas 2045.

Acara dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPR RI Dr (HC) Puan Maharani. 

Kata Puan, telah 77 tahun lamanya, kita telah menyusun dan membangun kemajuan Indonesia untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan. 

Pasang surut gelombang pembangunan, disertai gelombang globalisasi dan kemajuan teknologi, telah menggerakkan berbagai reformasi dan transformasi di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi semua, seluruh pemangku kepentingan, seluruh anak bangsa, untuk membangun kekuatan nasional, yang dimulai dari kesadaran, kemauan, dan komitmen untuk ikut ambil bagian dalam kerja bersama, gotong-royong, memajukan Indonesia di segala bidang.

“Komitmen dan kebersamaan yang bersumber dari cinta pada tanah air dan cinta pada bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ber-Pancasila dan ber-Bhineka Tunggal Ika,” tukasnya.

Sementara itu, Presiden RI Ir H Joko Widodo menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-lembaga Negara dan Pidato dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Disebutkannya, tantangan yang dihadapi saat ini sangat berat, sangat sulit, tidak mudah. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian yang sama. Krisis kesehatan, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. 

Perekonomian dunia juga belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi. 

“Kita tahu, 107 negara terdampak krisis dan sebagian di antaranya diperkirakan akan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan akut dan kelaparan,” terangnya.

Namun, lanjutnya, di tengah tantangan yang berat, patut disyukuri, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global. 

Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, dan termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan.

Inflasi juga, sambungnya, berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen, dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen.

Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal II tahun 2022. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 surplusnya sekitar Rp364 triliun.

“Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak. 

Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun di sisi lain, agenda-agenda

besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju,” sebutnya.

Turut hadir dalam Sidang Paripurna DPRD Kota Pematang Sianțar, antara lain Unsur Forkopimda Plus Kota Pematang Siantar, Wakil Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Ronald Tampubolon, para anggota DPRD Kota Pematang Siantar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar Budi Utari Siregar AP, para Staf Ahli dan Asisten di lingkungan Pemko Pematang Siantar, para Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pematang Siantar, para camat se-Kota Pematang Siantar, para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. 

(Andy Alfiano)