KSP dan Pemkab Karo Cari Solusi Terkait Konflik Lahan Usaha Tani Pengungsi Sinabung Tahap 3 |
19 April 2024

Berita Update Terpercaya

KSP dan Pemkab Karo Cari Solusi Terkait Konflik Lahan Usaha Tani Pengungsi Sinabung Tahap 3

Ket foto : Berfoto bersama usai Rapat di ruang rapat utama, gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden

Jakarta_MahagaNews.com ] Pasca adanya aksi demo masyarakat pengungsi sinabung asal 3 desa 1 dusun yang terdiri dari perwakilan warga Desa Sigarang-garang, Desa Sukanalu, Desa Mardingding dan Dusun Lau Kawar di Kantor DPRD Karo pada 9 Deseber 2021 lalu. 

Warga menuntut pemkab karo terkait lahan usaha tani yang telah dijanjikan oleh Pemkab karo dan sudah 6 tahun belum juga dapat dimanfaatkan warga pengungsi sebagai lahan mata pencarian mereka.

Menyikapi tuntutan warga tersebut, Pemerintah Kabupaten Karo akhirnya  menggelar rapat di Kantor Staf Presiden (KSP) di Jakarta. Membahas terkait persoalan lahan usaha tani (LUT) bagi pengungsi Siosar yang saat ini masih terkendala.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari sengketa lahan LUT yang akan diserahkan kepada para pengungsi Sinabung namun diklaim oleh masyarakat desa setempat (Pertibi Lama).  

Kepala BPBD Karo, Juspri Nadeak menceritakan pihaknya mengalami kesulitan dalam upaya penyiapan lahan usaha tani yang akan diserahkan kepada para pengungsi yang mengikuti program relokasi tahap 3. Kawasan yang ditetapkan sebagai LUT diklaim oleh masyarakat desa yang ada di sekitar kawasan tersebut. 

“Proses negosiasi dengan masyarakat sekitar menemui jalan buntu. Kami berharap pemerintah pusat dapa memfasilitasi negosiasi dengan masyarakat,” ucap Juspri dalam paparannya. 


Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo mengungkapkan potensi konflik antara masyarakat pengungsi dengan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut sangat tinggi.

“Kami berharap negosiasi bisa berjalan dengan lancar hingga masyarakat bisa tinggal berdampingan dengan nyaman,” ujarnya.

Sedangkan, Dandim O205/TK yang ikut dalam pertemuan mengatakan pihaknya siap mendukung kebijakan pemerintah. Dia berharap proses relokasi bisa berjalan dengan lancar hingga masyarakat pengungsi bisa tinggal di tempat yang baru.

Sementara itu, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting berharap solusi yang dihadirkan bisa menjadi langkah baru terkait konflik LUT di kawasan Siosar. Dia berharap alternatif bisa diterima masyarakat bisa diterima masyarakat hingga proses penyerahan LUT kepada pengungsi tahap 3 bisa berjalan dengan baik.  

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada KSP karena telah memfasilitasi pertemuan ini dan diharapkan dapat diperoleh solusi yang dapat diterima semua pihak,” ucapnya.

Dalam pertemua tersebut Deputi II KSP, Abetnego Tarigan menanggapi penanganan bencana seyogyanya dikerjakan tanggap dan persisten. Selain itu, para pihak dalam menyelesaikan konflik harus mengutamakan negosiasi dan kepentingan bersama. “Harus tetap mengedepankan negosiasi dengan prinsip mematuhi ketentuan hukum yang berlaku,” ucapnya.

Selain dari pemerintah kabupaten Karo, perwakilan forkompida Karo, turut serta hadir, Kepala BPN Kab. Karo, Perwakilan Polda Sumatera Utara dan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Rapat dilaksanakan di ruang rapat utama, gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden pada tanggal 13 Desember 2021.


(Dk/Kominfo)