Komsos Kodim 0510/Trs, ” Peran Serta KBT dalam mitigasi Bencana Alam dan Bela Negara” |
20 April 2024

Berita Update Terpercaya

Komsos Kodim 0510/Trs, ” Peran Serta KBT dalam mitigasi Bencana Alam dan Bela Negara”

Tigaraksa Bertempat di Aula Kecamatan Tigaraksa Jl. Aria Jaya Santika No. 19 Kec. Tigaraksa, Kab. Tangerang, Kodim 0510/Trs melaksanakan kegiatan komsos tentang Pembinaan Keluarga Besar TNI dengan Tema “AKSI NYATA BELA NEGARA KELUARGA BESAR TNI DI ERA KEKINIAN”, Jumat (13/11/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0510/Trs Letkol Inf Siregar diwakili Kasdim 0510/Trs Mayor Arh I Wayan Kariana, didampingi Kapten Arh P. Sihotang Pasiter Dim 0510 dan Kapten Inf M. Ridwan Idrus Danramil 07/Krs dan diikuti 40 orang peserta Mitra Karib dan Jaring Ter Babinsa di wilayah Kodim 0510/Tigaraksa.

Di kegiatan itu, Pasiter Dim 0510 Kapten Arh P. Sihotang dan Kapten Inf M. Ridwan Idrus Danramil 07/Krs menjadi pemberi materi dengan mengangkat Peran serta KBT dalam mitigasi Bencana Alam dan Bela Negara.

Dikesempatan itu, Pasiter Dim 0510 Kapten Arh P. Sihotang mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran para peserta, dimana acara ini mengandung maksud untuk memperkuat tali silaturahmi antar anggota TNI dan KBT.

“Melalui forum Inilah kita dapat meningkatkan hubungan kekeluargan yang baik dan harmonis dalam kehidupan bermasyarakat di sekitar kita.”ujar Pasiter Dim 0510 Kapten Arh P. Sihotang.

Disampaikan Kapten Arh P. Sihotang bahwa sebagai salah satu putra-putri keluarga besar TNI, harus merasa Bangga, dan selalu menjaga Citra TNI di mata masyarakat sekitarnya, tetap menjadi suri tauladan yang baik, disiplin,sebagai generasi muda penerus bangsa serta mengisi kegiatan kegiatan yang positif sesuai kemampuan yang dimiliki.

Kapten Arh P. Sihotang juga menekankan ulang tentang pentingnya nilai-nilai kejuangan TNI yang tetap harus selalu melekat pada diri keluarga besar TNI, terutama generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

” Jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ataupun media sosial /elektronik yang semakin canggih yang menimbulkan berita-berita bohong (Hoaks) sehingga akan memecah belah persatuan dan kesatuan yang selama ini tercipta di wilayah masing-masing.”ujarnya.

Selain itu, dalam penyampaian materi Mitigasi Bencana alam, Kapten Arh P. Sihotang menekankan bahwa kewajiban kita sebagai warga negara adalah ikut menjaga kehidupan sosial masyarakat yang harmonis, ikut memelihara keseimbangan, keserasian dan kelestarian fungsi lingkungan hidup, ikut aktif dalam kegiatan penanggulangan bencana, memberikan informasi yang benar kepada publik tentang bencana alam.

Untuk penyampaian materi Bela Negara, Kapten Inf M. Ridwan Idrus Danramil 07/Krs menekankan bahwa nilai yang terdapat dalam Bela negara meliputi cinta tanah air, memiliki kemampuan awal untuk nela negara, rela berkorban untuk bnahsa dan negara, sadar berbangsa dan bernegara dan yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara.

“Para peserta harus mewaspadai faktor-faktor yang dapat mendegradasi bela negara bagi warga negara yaitu perilaku menyimpang antara lain : Narkoba, seks bebas, tawuran, perkumpulan negatif, gaya hidup hura-hura dan kriminalitas.”katanya. (Pendim 0510/Trs)Gin