Hadiri Pesta Kerja Tahun, Bupati Karo Apresiasi Teknik Menari Muda – Mudi Desa Bintang Meriah |
25 Mei 2024

Berita Update Terpercaya

Hadiri Pesta Kerja Tahun, Bupati Karo Apresiasi Teknik Menari Muda – Mudi Desa Bintang Meriah 

Ket foto : Serba serbi Kerja Tahun Bintang Meriah yang dihadiri Bupati karo dan jajaran SKPD

Kuta Buluh_Mahaganews.com ] Bupati Karo dan beberapa pimpinan SKPD hadiri undangan acara gendang guro-guro aron merdang merdem kerja tahun di jambur (Losd) umum, Desa Bintang Meriah, Kec.Kuta Buluh, Kab.Karo. Jumat, (08/07/2022) sekitar pukul 09 : 00 Wib.

Kedatangan orang nomor 1(satu) dijajaran pemerintahan kab.karo itu disambut hangat Camat Kuta Buluh dan jajaran Forkopimca se-Kec.Kuta Buluh , Kepala  Desa Bintang Meriah, Panitia GGA, Muda – mudi serta para tokoh masyarakat setempat.

Tiba dilokasi jambur, Bupati Karo yang didampingi Kadis Kesehatan dr. Irna br S Milala, Kadis Pertanian Ir Metehsa Purba, Kadis PUPR Edward P Sinulingga, Kadis Perikanan dan ketapang Sarjana Purba, Kadis Perindag Hendrik Tarigan, Asisten 1 Mulianta Tarigan, Ka.bag Keuangan Daerah Eddy Suranta Surbakti dan Plt Kadis Kominfo Frans Leonardo Surbakti, menyempatkan menikmati suguhan tari-tarian yang diperagakan kaum muda – mudi dan karang taruna.

Selanjutnya, usai panitia menyampaikan kata sambutan dan ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Karo beserta rombongan dalam rangka menghadiri undangan pesta gendang guro – guro aron kerja tahun di desa Bintang Meriah, 

Tampak perwakilan  panitia acara juga menyampaian beberapa keluhan terkait kondisi jalan yang ada di tapin lau bahing desa bintang meriah pasca ditimpa bencana banjir bandang dan sempat memutus akses jalan antar desa, beberapa bulan yang lalu.

Juga prihal menurunnya jatah kuota penerimaan pupuk bersubsidi khususnya bagi para petani jagung, dan minimnya permohonan bantuan dari pemerintah khususnya untuk alat-alat pertanian (alsintan).

Ditempat yang sama, menyahuti ucapan panitia, Bupati Karo Cory Sriwaty br sebayang pada kesempatan itu terlebih dulu tak lupa mengucapkan,

“Selamat kerja tahun desa bintang meriah tahun 2022″, setelah selama 2 tahun ini tidak diadakan pesta gendang guro-guro aron dampak dari pandemi covid-19,” ujarnya

Melihat teknik menari yang diperagakan oleh para muda-mudi desa bintang meriah, Bupati karo juga memberikan ucapan apresiasi, 

“Saya sangat bangga dan salut melihat cara muda – mudi yang menari tadi, selain kompak, terlihat menghargai adat budaya kita, sebagai orang karo, disini saya sampaikan kepada anak-anak kami yang sudah tammat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, agar mendaftarkan lamaran untuk melanjutkan pendidikan atau kuliah di Jerman, karna saat ini pemeritah kabupaten karo telah menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah Jerman dengan syarat bersedia kursus bahasa jerman,” ucap cory , disambut tepuk tangan yang meriah oleh pengunjung jambur.

Dirinya menambahkan, “mengenai perbaikan jalan penghubung antar desa tepatnya ditapin lau bahing yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan, tahun ini akan diupayakan perbaikan di P-APBD tahun ini. Selanjutnya terkait persoalan pupuk subsidi, coba kita minta pendapat dari Pak Metehsa Purba selaku Kadis Pertanian kab.karo,” kata Bupati, seraya memberikan kesempatan kepada kadis pertanian untuk memberikan jawaban.

“Penyaluran pupuk subsidi bagi kelompok tani sesuai arahan pemerintah pusat memang sudah dibatasi. Hal itu sebenarnya dapat diatasi jika para kelompok tani mau mempergunakan pupuk alami (kompos) yang berbahan dasar sisa-sisa makanan rumah tangga.

Jika berkenan, kami siap mensosialisasikan kepada kelompok tani tentang cara pengolahannya, dengan catatan wajib memiliki lahan atau tempat untuk pembuatannya. Silahkan para kelompok tani yang ada agar berkordinasi dengan pemerintah desa.” Jelas Kadis Pertanian Kab.Karo

Setelah memberikan sambutan, rombongan Bupati Karo dan jajaran forkopimca kuta buluh diberikan kesempatan oleh panitia untuk menari bersama.

Tak lupa, sebelum meninggalkan jambur (losd umum) desa bintang meriah, Bupati karo melalui staff nya menyampaikan partisipasinya untuk suksesi acara gendang guro-guro aron kerja tahun desa bintang meriah tahun 2022 kepada pihak Panitia.

(DK)