Mantan Pegawai Lapas Kelas IIA Bengkalis, “Jadi Tersangka” Kasus Pidana Narkotika Dan TP Pencucian Uang | MAHAGANEWS.COM

Mantan Pegawai Lapas Kelas IIA Bengkalis, “Jadi Tersangka” Kasus Pidana Narkotika Dan TP Pencucian Uang

Ilustrasi

Pekanbaru_MahagaNews.com]  Agus Mulia pernah bekerja sebagai Pegawai Lapas Kelas IIA Bengkalis dari tahun 2010 sampai 2018. Dirinya ditangkap petugas dari BNN Pusat dan BNN Provinsi Riau di salah satu hotel di Kota Pekanbaru, Sabtu, 18 September 2021.Saat Agus Mulia ditangkap petugas BNN dirinya tak sendiri, melainkan bersama seorang pelaku lainnya yaitu Yesi Novita Dewi.

Diketahui  bahwa dalam rentang waktu tersebut, tersangka Agus Mulia diduga pernah bekerja sama dengan seorang pegawai Lapas Bengkalis atas nama Suci Ramandianto yang saat ini berstatus terpidana di Lapas Nusakambangan dengan putusan hukuman mati.

Tersangka Agus Mulia mengaku bahwa cara pembayaran narkotika yang dia kelola yaitu dengan cara uang ditransfer ke beberapa rekening yang dimiliki dan dikuasakan atas nama orang lain. Kemudian uang tersebut ditransfer kembali ke rekening orang lain.

Agus Mulia dinilai cukup bukti untuk disangka melakukan perbuatan pidana  sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 137 huruf a, huruf b Undang-undang (UU) RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan atau Pasal 3, Pasal 5 (1) UU RI No 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Tersangka Agus Mulia Mantan Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II.A Kabupaten Bengkalis ini berkasnya telah dilimpahkan pihak penyidik Badan Narkotika Nasional (BNN) serta barang bukti uang senilai milyaran rupiah yang di serahkan ke jaksa penuntut umum Di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru. Rabu, (19/01/2022).

Berikut sejumlah barang bukti yang disita petugas, diantaranya berupa 4 (empat) unit sepeda Mlmotor, 3 (tiga) unit mobil,  dan dalam daftar barang bukti juga tercantum Aset Lahan dan Rumah, Uang tunai senilai Rp 500 juta, Deposito 1 Milyar di Bank BRI , Di beberapa Bank lain ia juga memiliki Saldo sebanyak Rp 1,3 Milyar dan ada lagi uang berupa mata uang asing ringgit Malaysia dan Dollar Singapura Sebanyak 341 Lembar. 

Kepada tim awak media Kepala Kejari Pekanbaru, Teguh Wibowo, SH MH didampingi Kepala Seksi (Kasi) Intelijen, Lasargi Marel SH membenarkan terkait kasus penangkapan tersangka tindak pidana Narkotika dan TP Pencucian uang atas nama Agus Mulia mantan Pegawai Lapas Kelas IIA Bengkalis itu.

Kajari juga menegaskan perkara tersebut diupayakan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru untuk disidangkan. Dua JPU telah ditunjuk untuk membuktikan perbuatan tersangka, yakni Vince Puspasari dan Nurmala. Ungkapnya

Sementara menurut keterangan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) tersebut, telah memutuskan bahwa penahanan tersangka Agus Mulia saat ini dititipkan di Sel Tahanan Mapolresta Pekanbaru.

 (Junedy Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.