Pegadaian Hadirkan Rumah Digital di Kabanjahe, Sumatera Utara

Kabanjahe_MahagaNews.com ]  Dalam rangka mendukung Program Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN) Kementerian BUMN Tahun 2021, PT Pegadaian melalui program bina lingkungan meresmikan Rumah Digital Pegadaian (RDP) di Gedung Serbaguna GBKP, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Ruang Digital Pegadaian diresmikan oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, dan didamping oleh Bupati Kabupaten Karo Cory Sriwati Sebayan, Komisaris Utama PT Pegadaian Loto Srinaita Ginting, serta Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Krismas Imanta Barus, M.Th, LM pada Jumat (26/11/2021).

Rumah Digital Pegadaian (RDP) merupakan program yang dibentuk untuk memfasilitasi masyarakat akan ketersediaan perangkat ataupun koneksi internet dan mempercepat peningkatan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital. Program ini juga dapat digunakan oleh masyarakat sekitar untuk membantu memasarkan produk UMKM secara online, mencari informasi & referensi pengembangan produk UMKM, dan pemanfaatan internet untuk Pendidikan serta pembelajaran secara online.

Direktur Utama PT Pegadaian, Kuswiyoto mengatakan pendirian RDP di Karo memiliki beberapa kelebihan diantaranya telah bekerjasama dengan organisasi besar seperti GBKP dan melibatkan institusi Pendidikan yakni ITB dalam pemberian materi guna meningkatkan kompetensi masyarakat sekitar. Selain itu RDP menggunakan konsep millennial dan open space sehingga menjadikan RDP terasa nyaman, hangat dan diharapkan dapat menampung banyak orang, serta bermanfaat untuk keberlangsungan bersama.

“Rumah Digital Pegadaian ini sengaja kami konsep sedemikian rupa agar semua kalangan bisa menyelami dunia digital dalam rangka memperoleh berbagai informasi secara mudah dan cepat, sekaligus menjadi ajang silahturahmi antar sesama,” ucap Kuswiyoto.

Adapun sarana dan prasana yang tersedia di RDP antara lain panggung, kedai, perabotan dan furniture, serta ruang serbaguna. Selain itu RDP juga dilengkapi dengan teknologi terbaru seperti laptop, printer, proyektor, sound system, mixer, microphone, perpustakaan digital yang telah bekerja sama dengan Balai Pustaka, dan buku bacaan yang dapat digunakan untuk pendukung kreativitas masyarakat sekitar.

Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap, Kuswiyoto berharap agar RDP ini bisa menunjuang dan meningkatkan kapabilitas dan kapasitas masyarakat sekitar. Selain itu RDP bisa digunakan sebagai learning center, creative center, co-working space, tempat kegiatan pemuda, dan tempat pertemuan warga untuk berbagai acara.

“RDP ini sarana dan prasarananya sudah lengkap, kami berharap masyarakat sekitar bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga kehadiran RDP ini dapat bermanfaat dan membantu meningkatkan produktifitas masyarakat sekitar,” Kata Kuswiyoto.

Sementara Bupati Kabupaten Karo, Cory Sriwati Sebayan menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian yang telah dilakukan Pegadaian terhadap masyarakat sekitar. Dengan hadirnya RDP diharapkan dapat membantu pengembangan UMKM sekitar, dan menjadi tempat pembalajaran serta pengembangan kompetensi bagi masyarakat.

“Kami sangat bersyukur atas perhatian yang dilakukan oleh Pegadaian. Kami berharap hadirnya RDP dapat membantu dalam pengembangan UMKM dan menjadi tempat pembelajaran bagi masyarakat sekitar,” ujar Cory.

Hingga saat ini Rumah Pegadaian Digital telah hadir di Desa Cihaur, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan Kecamataan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kedepannya RDP akan hadir di tiga wilayah berbeda, yaitu Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Desa Siri Sori, Maluku, dan Desa Oemofa, Kabupaten Kupang-NTT.

(DK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *