PPKM Mikro Darurat, Dandim 0510/Trs Bersama Forkopimda Apel Gelar Pasukan Ops Aman Nusa II Maung 2021

Mahaganews.com, Kabupaten Tangerang

Komandan Kirim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar SH,M.I.Pol, hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Nusa II Maung Tahun 2021 dalam rangka PPKM Mikro Darurat di Wilayah Kabupaten Tangerang bersama Forkopimda Kab Tangerang.

Pelaksanaan apel digelar di Lapangan Maulana Yudha Pemda Kab. Tangerang, Sabtu (03/07/2021) ini diikuti 150 orang dengan Penanggung Jawab dan juga Inspektur Upacara Ahmed Zaki Iskandar, B. Bus,. SE,. M.Si Bupati Tangerang, dengan Komandan Apel AKP Effendi Ps. Kasat Polair dan Perwira Apelnya Yudi Wahyu Hindarto, SH, S.IK Kasat Samapta.

Terlihat hadir juga, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, SH, SIK, MSi Kapolresta Tangerang, Zulbahri Bahtiar, S.H., M.H. Kepala Kejari Kab. Tangerang, KH. Ues Nawawi Ketua MUI Kab. Tangerang, Fachrul Rozi Kasat Pol PP Kab. Tangerang, Ir. Bambang Saptho Nurtjahja, MM, MT Kepala BPBD Kab Tangerang, PJU Polresta Tangerang dan Kapolsek Jajaran Polresta Tangerang.

Dikesempatan itu, disampaikan juga amanat Kapolda Banten dalam pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Kontinjensi “Aman Nusa II Penanganan covid-19 Tahun 2021” di jajaran Polda Banten.

Dalam amanatnya Kapolda Banten mengatakan, pelaksanaan apel ini, tetap mempedomani Protokol Kesehatan Covid-19. Sebagaimana kita ketahui perkembangan lingkungan strategis saat ini, dimana pandemi Covid-19 telah melanda Negara-Negara di Dunia. Belakangan ini kita melihat bersama terjadinya penyebaran Covid-19 secara Exponensial.

” Hal ini menjadi alarm bagi kita Semua untuk tidak lengah karena Covid-19 Masih ada disekitar kita. ” kata Kapolda Banten.

Namun, kenaikan kasus Covid-19 akan berbanding terbalik dengan pertumbuhan ekonomi. Ketika terjadi lonjakan kasus positif, pertumbuhan ekonomi akan turun secara signifikan.

” Artinya pandemi Covid-19 ini tidak hanya berdampak pada krisis Kesehatan namun juga krisis ekonomi dan Mengubah perilaku kita di seluruh sendi-sendi Kehidupan.” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Kapolda Banten, bahwa Pemerintah dan seluruh komponen bangsa termasuk Polri telah berikthiar dan terus berusaha untuk mengatasi pandemi Covid-19 dengan langkah-langkah yang Extra Ordinary dengan menempatkan keselamatan Rakyat sebagai prioritas utama sesuai dengan Asas Salus populi Suprema Lex Esto.

” Meskipun saat ini Negara kita sedang mengalami krisis akibat pandemi Covid-19, dimana Masyarakat sudah mulai lelah menghadapi pandemi ini, namun Kita tetap optimis untuk bangkit, dan keluar dari Pandemi, dengan melakukan lompatan kemajuan jauh ke depan untuk mencapai Indonesia Maju.”terangnya menambahkan.

Kita sebagai Bhayangkara yang tangguh, harus melakukan upaya terbaik, mengerahkan seluruh sumber daya yang ada dalam rangka membantu penanganan pandemi Covid-19 melalui pendisiplinan Protokol Kesehatan menjalankan 5M, penguatan upaya 3T, penjagaan penyekatan, Operasi Yustisi dan membantu akselerasi Program Vaksinasi Nasional melalui Gerai Vaksinasi Presisi dan Vaksinasi Massal.

” Ini sesuai instruksi Presiden RI, mulai hari ini, diberlakukan PPKM “DARURAT” di Pulau Jawa dan Bali yang meliputi 7 Polda termasuk Polda Banten.” tegas Kapolda.

Dikatakan Kapolda Banten, persiapkan segera strategi penjagaan dan penyekatan, pendisiplinan Protokol Kesehatan, dan Implementasiksn di lapangan kebijakan pembatasan pada sektor-sektor yang telah diatur.

” Kita harus menanamkan kepada diri masing – masing bahwa tugas yang kita lakukan saat ini dalam mengabdikan diri kepada Masyarakat, Bangsa, dan Negara Ini merupakan suatu panggilan tugas yang menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi kita semua, “terangnya.

Dipenghujung amanatnya, Kapolda Banten menyampaikan arahan yang harus dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :

A. Terus aktif mendukung kebijakan Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 melalui sinergi dengan TNI, Dokter dan Tenaga Kesehatan, Aparat Pemda khususnya Dinas Kesehatan, Relawan serta Aparat pendukung lainnya dalam menangani pandemi Covid-19.

B. Jangan lengah menjalankan tugas pokok ditengah pandemi Covid-19 untuk menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat, penegakan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada Masyarakat.

C. Berikan klarifikasi dan counter opinion tentang pemberitaan yang tidak benar di Media Mainstream, Media Online maupun Medsos, mengenai Covid-19, vaksin dan pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan tugas Pokok Polri.

D. Harus bijak, bertanggung jawab, dan menjunjung tinggi Hak-Hak Asasi Manusia dalam menggunakan kewenangan Polri, antaranya melakukan penangkapan, penahanan, Penggeledahan, penyitaan dan sebagainya.

E. Berwajah ramah dan selalu bersikap melayani Masyarakat luas, namun tetap tempil tegas dan tanpa pandang bulu.

F. Menjalankan tugas dan wewenang dengan Presisi, akurat, dan merujuk kepada Peraturan perundang – undangan serta menunjung tinggi norma-norma martabat Masyarakat.

G. Teruslah bertransformasi menuju Polri yang presisi.

Sementara itu, dikonfirmasi Media selepas apel gabungan, Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar mengatakan, TNI siap bersinergi dengan Polri dan Forkopimda Kab Tangerang dalam pelaksanakan Operasi Aman Nusa II Maung Tahun 2021 dalam rangka PPKM Mikro Darurat di Wilayah Kabupaten Tangerang.

” Mari bersama – sama kita melawan pandemi Covid-19 dengan meningkatkan kedisiplinan Protokol Kesehatan dan mematuhi aturan Pemerintah. Dengan taat dan disiplin, Insya Allah, dapat menekan tingkat penyebaran wabah ini ditengah Masyarakat khususnya di Kab Tangerang,” pungkas Dandim 0510/Trs.

Penulis: M.Andika Putra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *