Pastikan Penyaluran Bansos Tepat Sasaran Dan Penerapan Prokes, Wakil Ketua DPRD Karo Sadarta Bukit SE

Ket Foto : Wakil Ketua DPRD Karo dari Fraksi partai Gerindra, Sadarta Bukit SE tinjau proses penyaluran Bansos PKM di Kantor Pos Kabanjahe, Pastikan tepat sasaran dan sampaikan himbauan kepada warga penerima manfaat untuk menerapkan Prokes.

TANAH KARO | Wakil Ketua DPRD Karo dari Fraksi partai Gerindra, Sadarta Bukit SE memantau kegiatan penyaluran Bantuan Beras (BB) selama masa PPKM berlangsung. Selain bantuan BB juga penyaluran BST dari pemerintah bagi KPM PKH berupa uang tunai sebesar Rp 600rb selama Dua Bulan pada Rabu (28/7/2021) siang di PT Pos Indonesia Cabang Kabanjahe.

Wakil Ketua DPRD Karo bersama Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial Karo, Risma A Pelawi disambut oleh Kepala Pos Cabang Kabanjahe, Yori Gosandi didampingi Ketua Satgas Penyaluran BB PPKM dan BLT Tangkas Ferdinand Ginting.

Wakil Ketua DPRD Fraksi Partai Gerindra Kab Karo pada kesempatan itu menjelaskan, dalam menjalankan tugas menyalurkan bantuan beras dari pemerintah bagi KPM PKH dan BST yang terdampak PPKM Tahun 2021 di Kabupaten Karo diharapkan dapat membantu sedikit beban masyarakat selama masa PPKM darurat berlangsung.

“Kiranya bantuan ini bisa tepat sasaran dan dapat membantu sedikit beban masyarakat selama masa PPKM berlangsung, walau begitu kita juga harus memperhatikan situasi dilapangan,  antisipasi jangan ada kepadatan jumlah warga dilokasi penyaluran dan  kepada masyarakat dihimbau untuk tetap  mengikuti arahan Protokol kesehatan. Jangan gara-gara ingin dapatkan bantuan, lalai dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan akhirnya dapat merugikan diri sendiri.” Ujar Sadarta Bukit dihadapan Kepala Pos Cabang Kabanjahe Yori Gosandi

Sementara, Ketua Satgas Penyaluran BB PPKM Tangkas Ferdinand Ginting membeberkan jumlah KPM yang akan menerima bantuan beras 10kg (sepuluh) kilogram per KPM.

Selain bantuan BB PPKM, juga penyerahan dana BST sebesar Rp 600rb dari Dua Bulan sekaligus pembayaran. berdasarkan data dari Kementerian Sosial, untuk Kabupaten Karo jumlah KPM penerima bantuan sebanyak 12,173 dari 17 Kecamatan sebagai PKH dan Penerima BST sebesar 14,550 dari jumlah total 17 Kecamatan.

“Setiap KPM akan menerima beras 10 kg, sehingga jumlah beras yang disiapkan Perum Bulog Karo sebanyak 12,173 dari 17 Kecamatan sebagai PKH dan Penerima BST sebesar 14,550 dari jumlah total 17 Kecamatan” terangnya.

Dijelaskannya, sesuai mekanisme dalam penyaluran bantuan ini akan dilakukan oleh PT Pos (transporter) yang langsung mengambil dari gudang Bulog dan menyalurkan langsung ke rumah masyarakat.

Menimpali dari Kepala Pos Kabanjahe, Tangkas Ginting selaku Ketua Satgas Penyaluran Bantuan mengatakan pendistribusian bantuan akan diserahkan langsung kemasyarakat, baik itu siang atau pun malam hari, agar mempercepat program bantuan ini cepat selesai.

“Kita akan berkordinasi dengan pihak Pemda dan Bulog setempat dan akan bekerja sama dengan kepala lingkungan untuk penyerahannya,” katanya.

Terkaiit penyaluran dari gudang Bulog, kemudian ke transporter yang akan membagikan tepat waktu dan jumlah penerima sesuai data yang kami terima dari Dinas Sosial, ” Pungkas Ketua Satgas yang diaminikan Kepala Pos Cabang Kabanjahe.

Sementara, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (PSPK) Dinas Sosial Karo, Risma A Pelawi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kebijakan dari Pemerintah dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk memperketat aktivitas masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19 semakin meluas.

Hal ini memang memberikan dampak yang sangat signifikan pada seluruh aspek. Menyikapi hal tersebut, maka pemerintah mengeluarkan program bantuan sosial beras ini yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM, PKH dan BST di seluruh indonesia agar kebutuhan pangan beras bagi warga terkena dampak covid-19 bisa terpenuhi dan tetap terjaga kesehatannya. 

“Kami berharap seluruh pihak dapat membantu dan mengawasi penyaluran bantuan ini agar seluruh bantuan kpm yang berhak mendapatkan bantuan beras ini. Semoga bantuan ini bisa membawa manfaat dan mendapat berkah dari alloh swt, sehingga beban masyarakat khususnya KPM, PKH dan BST yang terdampak PPKM Darurat ini bisa terbantu.

Pantauan wartawan, Penyaluran Bantuan Beras dan BST berjalan dengan Lancar dan Kondusif. Dengan tetap menerapkan secara ketat Protokol Kesehatan dengan di bantu Aparat Kepolisian Polres Karo maupun Satpol-PP di Halaman Kantor Pos Cabang Kabanjahe. 
(Daris Kaban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *