Ketua Komisi II DPRD Simalungun RAKOOR Bersama Forkompincam Kecamatan Girsip Dan Steakholder Satukan Persepsi Untuk Sejumlah Hal

Ket foto : Ketua Komisi II DPRD Simalungun Fraksi PDIP Maraden Sinaga gelar rapat koordinasi bersama Forum Pimpinan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon dan Steakholder.

SIMALUNGUN| Ketua Komisi II DPRD Simalungun dari Fraksi PDIP Maraden Sinaga rapat koordinasi bersama Forum Pimpinan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, bersama tokoh Agama, Tim Medis, para Lurah dan Pangulu Nagori, Kabid Penertiban Satpol PP Simalungun, Polsek,  Koramil 11 Parapat, PAC PDIP Gisip dan bersama Insan Pers, di Hotel Aeksere Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Senin (26/72021).

■Intens Penanganan Covid-19

Pada kesemapatan itu Maraden Sinaga berharap agar Parapat pasti lebih baik, sekaligus menyatukan persepsi dan mengambil tindakan nyata dalam mengatasi persoalan di Kecamatan Girsip, diantaranya:

1.Penanganan Covid 19
2.Gangguan Kamtibmas ( Narkoba, Pencurian, Marka Jalan dan Knalpot Raching (Berisik)
3.Penanganan Sampah
4.Mitigasi Bencana.

Maraden menyampaikan, PAC PDIP Perjuangan Kecamatan Girsip Siap bersinergi dengan Forkopimcam dengan Azas Gotong Royong yang dalam bahasa Simalungun disebut “MARHAROAN BOLON”,Katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Parapat IPTU Hosea Ginting, juga berharap bantuan masyarakat untuk membantu Kamtibmas, dan silahkan berikan informasi kepads kami, sehingga keributan yang menyebabkan gangguan kemanan dan kenyamana warga.

Termasuk keributan yang ditimbulkan knalpot raching, dan secara khusus untuk para maling kenderaan bermotor. “Ini kita duga, akibat tuntutan kebutuhan Narkoba oleh para pelaku, maka segera laporkan jika hal tersebut diketahui dan akan saya berikan Hadiah Rp 5juta”,Ujar Ginting.

Pangulu Nagori (Kepala Desa) Sipangan Bolon Sahan Sinaga dan Jaihutan Sinaga, terkait penanganan Pandemi di Nagori masing-masing  sudah berupaya semaksimal mungkin, terlebih dalam hal tindakan, semisal jika ada pesta adat  dan saat ada kerumunan acara pengebumian warga yang meninggal kami selalu hadir disana, sekaligus membagikan masker dan mengarahkan warga tetap ikuti protokol kesehatan, lalu tetap dalam waktu yang ditentukan,semua acara harus sudah selesai,Ujarnya.

Lalu untuk Rumah Isolasi Mandiri (Isoma) untuk masyarakat, kami sudah mengupayakan dan menyediakan rumah Isoman, hanya saja fasilitas disana masih minim dan pada waktu yabg akan datang akan kita septikan lagi. Kata Sahan.

Perihal, keberadaan Gagak Hitam, Sahan menyampaikan akan segera merampungkan Peraturan Nagori (Pernag), sebagai landasan untuk mentup lokasi itu, Katanya.

Plt.Camat Girsang Sipangan Marwandi Yosua Simaibang menyampaikan, tetap siap dan bersedia dalam hal penanganan Covid-19, walau dana untuk penanganan itu tidak ada dipihak kecamatan, jadi sekarang Satgas Penanganan Covid-19 di Kecamatan ini, semua dengan jalur koordinasi kebeberapa pihak, baik perusahaan dan pendonasi lainnya, sehingga bantuan untuk penyemprotan Desinfectan, bantuan APD, dan kadang kami memohon bantuan penanganan lain jika ada musibah yang melanda kota kita, semua lintas koordinasi dan tidak mungkin kita biarkan, karena perintah yang kami laksanakan adalah bagian dsri loyalitas dan juga sebagai panggilan jiwa sebagai Abdi Negara, Kata Marwandi.

Dalam pertemuan juga disinggung wacana terkait pembentukan Tim Satgas Penanganganan Covid-19, jika ada hal yang ditangani secara khusus, tentu dengan panggilan jiwa dan tanpa pamrih, inilah yang disenergikan nanti dan mudah-mudahan ada warga yang mau menjadi Tim tersebut.

Jadi jika Relawan Kecamatan sudah ada, kami akan siapkan APD dan Desinfecktan yang akan dipergunakan akan kami sediakan, Ujar Camat sembari menutup kegiatan Rapat Koordinasi ini, dengan pesan kita tetap menjaga prokes dan akan ada tindakan humanis jika masih ada yang tidak mematuhinya, sambil melalui pihak Gereja dan pengurus Mesjid,supaya turut serta dalam mensosialisasikan sekaligus mengedukasi jemaatnya. 

Dalam closingstatemantnya, Anggota DPRD Simalungun dari PDIP, menyampaikan setiap pengurus sampai ketingkat Dusun, akan siap sebagai Garda terdepen dan akan bahu membahu dengan menghilangkan egosektoral masing-masing, dengan harapan kerjasama yang baik, saya akan upayakan semampu saya akan koordinasikan kesejumlah kadis terkait,dan akan mencari upaya donasi lain,demi kecamatan Girsip yang lebih baik,Ujar Maraden Sinaga.

(Andy Alfiano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *