Jelang Lebaran, Gaji Ribuan ASN Tak Kunjung Cair, Para ASN Di Kab.Karo “Meradang”

Gambar : Ilustrasi

Tanah Karo | Dijadwalkan (2) dua hari lagi umat muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Sawal 1442 Hizriah yang jatuh pada tanggal  Hal itu kerap dilakukan setiap tahunnya oleh umat muslim didunia usai 1(satu) bulan penuh melaksanakan ibadah puasa dibulan suci ramadhan.

Biasanya disaat saat menyambut hari raya seperti sekarang ini, para pegawai sipil negara sudah banyak yang sibuk belanja untuk sejumlah kebutuhan. Namun kali ini tampak tak seperti sedia kala.

Pasalnya, gaji 13 dan tunjangan hari raya (THR) yang rutin setiap tahunnya diterima para ASN khususnya yang mengabdi di lingkup Pemda Kab.Karo sampai hari ini belum juga tampak terealisasi.

Sehingga tak sedikit raut wajah para Apartur Sipil Negara (ASN) yang biasanya tampak senyum sumingrah, kini berubah suram dan galau dampak belum adanya tanda-tanda pencairan.

Keterlambatan pencairan  gaji ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai sejak hari Sabtu (01/05/2021),pantauan wartawan terlihat  ASN di lingkungan Pemkab Karo terus datangi Bank maupun sejumlah ATM untuk yang biasa digunakan sebagai sarana penarikan gaji bulanan, tapi yang diharapkan tidak kunjung tiba. 

Fenomena keterlambatan pembayaran gaji dan tunjangan bagi ASN sepertinya mengukir sejarah baru di Pemda Karo, padahal di tahun-tahun sebelumnya belum pernah hal ini terjadi. Sehingga membuat ribuan ASN kecewa dan sedih berat.

Keluhan terkait tak kunjung cair nya gaji dan tunjangan tersebut tak hanya dirasakan ribuan Pegawai Negri Sipil (PNS) yang mengabdikan diri dijajaran Pemkab Karo. Keluhan tersebut juga dirasakan para anggota legeslatif DPRD Karo dan Institusi lainnya.

Menurut keterangan Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Karo Frans Leonardo Surbakti saat diminta penjelasan terkait lambatnya pencairan gaji 13 dan tunjangan hari raya bagi seluruh ASN, terkendala pada aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) secara online  yang belum bisa ter update secara  maksimal. Selasa,(11/5/2021)

“Bahwa pencairan gaji dan tunjangan terkendala pada aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) secara online  yang belum bisa maksimal dapat diupdate, namun untuk lebih jelasnya coba tanya ke Bagian BPKPAD Kab.Karo,” Ujarnya diujung telphone

Sementara dilain tempat Kepala BPKAD Kabupaten Karo, Andreasta Tarigan kepada tim awak media menjelaskan,

 “Sebenarnya tidak ada kendala, yang belum mengajukan, belum siap dibuat laporannya, pengajuan kan melalui instanisi dan dinas masing  -masing, bukan ASN secara pribadi, ini tergantung kecepatan dan kelengkapan dokumen dalam tahap pengajuannya.” Terang Kepala BPKPAD Kab.Karo Andreasta Tarigan. Selasa,(11/5/2021)

(Daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *