Giat Masjid Besar Arafah momentum puasa 6 Di bulan Syawal 1442 H, Membangkitkan Ummat
Sholat Subuh Berjama’ah

MahagaNews.com| Jum’at (14 Mei 2021 )Duri-Usai Berpuasa di bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa selama 6 hari pada bulan Syawal. Puasa ini hukumnya sunnah dan memiliki banyak keutamaan dan fadillahNya

Beberapa keutamaan menjalankan puasa sunnah pada bulan Syawal, seperti menghapus dosa, menjadi perisai dari api neraka, dan malaikat berdoa kepada orang yang berpuasa, puasa syawal juga memiliki fungsi lain seperti pengendalian diri untuk meninggalkan keburukan dan menjaga diri untuk berbuat baik.

Selain itu, puasa 6 hari pada bulan Syawal juga memiliki fadillah seakan-akan berpuasa selama setahun penuh. Hal ini diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Ayyub Al-Anshari: “Barang siapa sudah melakukan puasa Ramadan, kemudian menambahkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah ia telah melaksanakan puasa sepanjang masa. [HR Jama’ah ahli hadis selain dan an-Nasa’i].

Kepada MahagaNews. Com ” Mukhlis, SH selaku ketua panitia Ramadhan dan juga sekretaris umum masjid Besar Arafah mengatakan, “Dengan momentum puasa 6 bulan Syawal kita bangkitkan Gerakan Sholat Subuh berjamaah dimulai pada hari Sabtu ( 3 Syawal 1442 H ) tanggal 15 Mei s/d 20 Mei 2021 ( Kamis )

Mantan penjabat Kepala Desa Sebangar ini menjelaskan, kegiatan dilaksanakan mulai hari Sabtu s/d kamis kita melakukan gerakan sholat subuh berjamaah di masjid Besar Arafah dan setiap ba’da Subuh ada kuliah subuh dan ditutup dengan sholat sunnah isyroq.

kemudian selanjutnya pada hari Kamis 20 Mei 2021 kita melakukan Buka Puasa Bersama jemaah sebagai penutup puasa 6 sekalian silaturahmi pembubaran panitia Ramadhan 1442 H Masjid Besar Arafah dan tentunya Tidak luput Pula dengan Mengikuti Anjuran Pemerintah dan Melaksanakan protokol kesehatan covid-19 pada acara tersebut.Tegas ,”Nya Muklis, SH Sebagai Ketua Panita Penyelenggara Puasa 6 Pada Bulan Syawal 1442 H

Muklis, SH Mengatakan, “
dalam riwayat Ibnu Majah dinyatakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berpuasa Ramadan dan enam hari sesudah Idulfitri, maka itu sama pahalanya dengan puasa genap setahun. Dan barangsiapa melakukan satu kebaikan, maka ia akan memperoleh (pahala) sepuluh kali lipat. TutupNya, ‘”

(J.Nst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *