Tingkatkan Perekonomian, Eks Napiter Dilatih Budidaya Kurma

Serang, Mahaganews; Sejumlah mantan narapidana kasus terorisme atau eks napiter di Banten diberikan pelatihan penanaman bibit pohon kurma di Waras Farm yang beralamat di Kampung Perigi Bulakan, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten. (Selasa, 28 April 2021)

Kegiatan tersebut dilakukan agar mereka bisa budidaya kurma di lahannya masing-masing, sehingga mampu menambah pendapatan perekonomian.

Salah seorang petani kurma, Endra Rudianto mengatakan, kegiatan pelatihan penanaman bibit kurma ini merupakan bagian dari bimbingan teknis tentang cara budidaya kurma tropis. Sehingga para eks napiter ini mampu mengembangkan budidaya kurma di lahan miliknya masing-masing.

“Harapannya ini ke depannya bisa menjadi tambahan income untuk mereka (eks napiter),” kata Petani Asli Banten ini saat ditemui di sela-sela kegiatan bimbingan teknis.

Sementara itu, salah seorang eks Napiter, Irhan Nugraha mengatakan, pelatihan ini bisa menambah wawasan bagi dirinya mengenai budidaya kurma di Indonesia. Menurutnya, Ia baru mengetahui jika kurma bisa tumbuh di Indonesia.

“Saya sudah mengikuti budidaya kurma di Kota Cilegon. Dari hasil pelatihan ini luar biasa, menambah wawasan kita mengenai ilmu budidaya kurma,” tuturnya.

Ia pun berharap, budidaya kurma ini ke depannya bisa lebih ditingkatkan. Selain itu, ada tindaklanjut untuk dikembangkan di wilayah masing-masing.

“Mudah-mudahan ke depannya budidaya kurma ini bisa ditingkatkan atau misalnya ada tindak lanjut untuk melakukan pembinaan pembinaan di wilayah kita masing-masing,” tuturnya. (*David P Munthe/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *