LSM Kaliber Indonesia Bersatu Sambangi Rumah Kades Pasir Mulya Terpilih, Beri Ucapan Selamat

KARAWANG – Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena kalau dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Pada moment ini, masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama 6 tahun ke depan. Banyak bentuk pesta demokrasi yang telah digelar dalam kehidupan politik kita sekarang. Pilpres, Pilkada Gubernur, Pilkada Bupati dan Pemilu Legeslatif. Tak ketinggalan adalah Pilkades, hal tersebut dikatakan oleh Aki Tohir selaku Dewan Penasehat LSM Kaliber Indonesia Bersatu.

Pengurus LSM.Kaliber Indonesia Bersatu Rayon 01 Klari Yudi Hermawan, Aki Tohir selaku Dewan Penasehat, Komeng Selaku Dan Sat Intel, Peot Selaku Wadan Sat Intel menyambangi ke kediaman Kepala Desa Pasir Mulya Terpilih Periode 2021-2027 Kang ADNAN MAULANA,SH, adapun tujuan kedatangan mereka yaitu Silaturahmi dan memberikan ucapan Selamat atas terpilihnya nya menjadi Kepala Desa Pasir Mulya, semoga menjadi pemimpin yang amanah dan bisa membawa perubahan untuk Desa Pasir Mulya yang lebih baik, ujar Yudi Hermawan.

Yudi menegaskan, Kades terpilih harus Tampil Beda dengan suasana baru, berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, rangkul semua dari seluruh lapisan masyarakat jangan pernah dibeda-bedakan, karena mulai detik ini semua masyarakat Desa Pasir Mulya sudah menjadi bagian masyarakat yang di pimpin oleh Kepala Desa.

Aki Tohir menambahkan, Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena kalau dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Pada moment ini, masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama 6 tahun ke depan. Banyak bentuk pesta demokrasi yang telah digelar dalam kehidupan politik kita sekarang. Pilpres, Pilkada Gubernur, Pilkada Bupati dan Pemilu Legeslatif. Tak ketinggalan adalah Pilkades, hal tersebut dikatakan oleh Aki Tohir selaku Dewan Penasehat LSM Kaliber Indonesia Bersatu.

Kepala Desa Pasir Mulya Terpilih Periode 2021-2027 Kang ADNAN MAULANA,SH, menegaskan bahwa Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain yang dibantu perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Kepala Desa adalah pejabat Pemerintah Desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya.

Uraian kedudukan, tugas, dan fungsi kepala Desa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015 sebagaimana dituangkan dalam pasal 6 sebagai berikut: (1) Kepala Desa berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Desa yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa., (2) Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat., (3) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Kepala Desa memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut : a) menyelenggarakan Pemerintahan Desa, seperti tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah., b) melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan., c) pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan., d) pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna., e) menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya, untuk itu Kami mohon semua dukungannya agar Desa Pasir Mulya semakin lebih maju lagi, tegas Kang Adnan.penulis(UCI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *