Ketua BPD Kecewa Pelaksanaan Pilkades PAW Cikampek Timur Terhenti dan Dipending

Karawang Sampai saat ini tahapan Pilkades Pergantian Antar Waktu (PAW) Cikampek Timur, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang terhenti begitu saja tanpa adanya alasan kepastian yang jelas.

Padahal terkait pelaksaan Pilkades PAW tersebut tercantum berdasarkan Surat Keputusan Bupati Karawang No.141.1/kep.73-Huk/2021 tentang Tahapan dan Jadwal PAW.

Namun kini Pemerintahan Cikampek Timur tengah menjalankan pemeriksaan khusus (Riksus) di Kecamatan Cikampek dari Inspektorat Karawang.

Ketua BPD Cikampek Timur Endang Yusuf mengatakan , dirinya merasa kecewa dengan terhenti dan dipendingnya tahapan Pilkades PAW. Malah yang ada muncul Riksus tersebut.

“Kita melaksanakan tugas ini sesuai juklak dan juknis yang ada. Kemudian diperkuat keputusan Bupati, sehingga kita bertanya – tanya kenapa sampai terjadi seperti ini,” tanyanya saat dikonfirmasi di kantor Kecamatan Cikampek, Selasa sore (30/3/2021).

Dia menyebut, sampai hari ini belum mendapatkan jawaban terkait hubungannya antara PAW dan Riksus tersebut.

Menurutnya, dengan dipendingnya PAW tersebut diduga ada pihak tertentu yang menyampaikan ke instansi terkait berkenaan dengan pemerintahan Desa Cikampek Timur yang diduga bermasalah.

“Tadi mungkin berlangsung ditanyakan menyangkut persoalan kegiatan pemerintahan tentang pembangunan termasuk keuangan, kemana saja pos-posnya seperti itu,” ujarnya.

Namun kata dia, menurut informasi ketua panitia, PAW tetap dilanjutkan dan tinggal menunggu SK Bupati berikutnya.

“Kita tidak berlama-lama, misalnya 2 hari SK tidak muncul, kita bertanggungjawab, punya hak untuk mempertanyakan kembali khususnya ke DPMD sebagai perwakilan Bupati itu sendiri, apapun jawabannya akan kita lakukan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua panitia 7 Pilkades PAW Cikampek Timur Saeful Rohman mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatkannya, pihak DPMD akan menjadwal ulang proses tahapannya.

“Tentu menunggu SK Bupati, Bupati menurunkan SK lagi untuk menjadwal ulang Musdes PAW Cikampek Timur karena ada beberapa tahapan terlewati,” kata Saeful.

Namun kata dia, dibandingkan dengan desa yang melaksanakan Pilkades PAW juga yakni Desa Sindangkarya Kecamatan Kutawaluya lancar saja tidak ada kendala sesuai jadwal tahapan PAW.

Untuk memastikan SK Bupati turun, dia mengatakan, akan mencari informasi dan petunjuk ke Kecamatan.

“Besok hari Rabu, kami akan mendatangi ke Kecamatan, apakah Camat yang harus menanyakan ke DPMDnya atau kami langsung menanyakan kelanjutan PAW ini,” jelasnya.

Kebetulan, kata dia, orang DPMD yang menangani masalah PAW tengah penataran di Kuningan.

Sementara, awak media untuk meminta keterangan terkait Riksus, petugas Inspektorat mengatakan, bukan kewengannya untuk memberikan pernyataan tetapi pihak pimpinannya yang punya kewenangan.

Sama halnya dengan Plt Kepala Dinas DPMD Ahmad Hidayat di minta konfirmasinya terkait terhentinya Pilkades PAW tersebut melaui pesan WhatsApp mengatakan, dirinya sedang zoom meeting pada sore ini.

Salah satu balon Kades PAW Cikampek Timur Erik Nugraha mengatakan, dirinya akan mengajak balon kades PAW yang lainnya sore ini untuk mempertanyakan pada panitia tentang kepastian dan kejelasan PAW tersebut.penulis( UCI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *