Hebat! 6 Altet Tunagrahita Karawang Juara Nasional di Laga SoINA

KARAWANG – Enam atlet asal Kabupaten Karawang yang berlaga di event Special Olympics Indonesia (SoINA) tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual, berhasil menyabet medali.

Hebatnya, dua diantaranya berhasil mendapatkan dua medali emas untuk Cabang Bulutangkis dan Fit Five dengan predikat juara 1 tingkat nasional.

Para atlet berprestasi tersebut antara lain Dewa Permana Sukma cabang olahraga bulutangkis, juara 1 tingkat nasional kategori tunggal putra U-15.

Kemudian Hilda Aziziyah dan Tri Choerunisa cabang olahraga bulutangkis, juara 3 tingkat nasional U-15.

Bryandhi Bayu Kurniawan, cabang olahraga bulutangkis juara tingkat 3 nasional.

M. Zaki Fadilah, cabang olahraga Fit Five juara 1 tingkat nasional dan Anita Dwi Zahra, cabang olahraga Fit Five juara 2 tingkat nasional.

Ketua Umum SoINA Kabupaten Karawang, Akhmad Dimyati mengatakan, kedatangannya bersama beberapa pengurus waktu lalu ke Komisi IV DPRD Karawang dalam rangka melaporkan kepada pembina SoINA, Saidah Anwar bahwa para atlet Karawang sudah berhasil berprestasi di kancah nasional.

“Kita mengabarkan kepada pembina, yaitu Ibu Saidah Anwar Anggota DPRD Kabupaten Karawang, bahwa usaha kita selama ini alhamdulillah membuahkan hasil yang baik. Atlet binaan kita meraih prestasi di tingkat nasional, bahkan ada yang jadi juara satu,” tutur Akhmad Dimyati, Selasa (23/3/2021).

Dengan raihan prestasi yang membanggakan ini, Dimyati berharap SoINA bisa lebih dikenal oleh masyarakat Karawang, khususnya di kalangan pegiat olahraga. Selain itu, ia juga berharap pemerintah daerah bisa lebih memerhatikan para altet, pengurus maupun pelatih yang bernaung di SoINA.

“Tentu harapan kami pemerintah daerah bisa men-support kegiatan SoINA, mulai dari sarana prasarana atlet, pelatihan, para pengurus dan pengahargaan bagi atlet yang berprestasi. Apalagi atlet binaan kami adalah atlet usia produktif U-12 dan U-15, dan masih sangat perlu diberikan pelatihan lebih lagi. Karena kami menargetkan untuk mencetak atlet nasional asal Karawang,” paparnya.

Di kesempatan yang sama, Saidah Anwar mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih SoINA Kabupaten Karawang. Pihaknya sangat mengapresiasi atas keberhasilan SoINA dalam membina maupun mencetak altet hingga dapat menjuarai di event nasional.

“Semoga kehadiran SoINA menjadi wadah prestasi bagi atlet anak-anak berkebutuhan khusus, mengangkat nama Kabupaten Karawang dikancah olahraga nasional dengan beragam prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Saidah menambahkan, altet muda binaan SoINA merupakan anak-anak yang harus didukung dan betul-betul dibina agar semakin terasah kemampuannya.

“Saya berharap pemda lebih memerhatikan dengan melengkapi fasilitas yang butuhkan untuk menunjang prestasi mereka,” kata Saidah.

Untuk diketahui, Special Olympics Indonesia atau SoINA merupakan satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga tunagrahita di Indonesia.penulis(UCI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *