Dosen FEB Universitas Mercu Buana melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara daring mengenai Kiat Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Produk Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Meruya Utara

Jakarta .Mahaganews. Com . Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh para dosen di Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat merupakan bagian integral tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain serta melibatkan segenap sivitas akademik: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Melalui pengabdian masyarakat, Universitas Mercu Buana hadir ditengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia. Bahkan ditengah arus globalisasi, UMB telah menawarkan kepada banyak pihak untuk menyelenggarakan kolaborasi pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para mahasiswa dan dosen untuk berkarya bersama.
Dalam kesempatan ini, meskipun berada di tengah pandemi Covid-19, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana, bekerja sama dengan Kelurahan Meruya Utara menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara daring dengan tema “Kiat Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Produk Bagi Pelaku UMKM” (11/01/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM agar dapat bertahan dan tetap produktif melalui pengelolaan keuangan dan pemasaran yang tepat.
Sebagaimana dikatakan oleh salah satu pemateri, Agus Herta Sumarto, SP., M.Si. bahwasanya Pengelolaan keuangan bisnis mencakup lebih dari sekedar menyimpan seperangkat buku yang akurat dan menyeimbangkan rekening bisnis. Pengelolaan bisnis adalah mengelola keuangan bisnis sehingga tidak mengeluarkan terlalu banyak uang dan tetap siap untuk semua pengeluaran, juga distribusi keuntungan. Tanggung jawab pengelolaan keuangan memengaruhi semua aspek bisnis. Sebuah perusahaan yang menjual dengan baik namun memiliki manajemen keuangan yang buruk bisa mengalami kegagalan.
Pentingnya manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan ini harus diperhatikan. Dengan manajemen keuangan yang baik, tentunya perusahaan akan mampu berjalan dengan lebih lancar. Manajemen keuangan yang baik juga akan mampu membantu pemilik usaha mengetahui kondisi perusahaan tentang seberapa efektif keuangan perusahaan dan bagaimana kondisi perusahaan kedepan atas dasar inilah Dosen FEB Universitas mercu Buana memberikan pelatihan kepada UMKM di kelurahan meruya Utara agar tetap kompetitif di tengah pandemi.
Selain pengelolaan keuangan manajemen Pemasaran juga memiliki peran yang vital. Dalam hal ini setiap perusahaan yang memproduksi barang atau jasa pasti membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Dengan strategi tersebut, target dan tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai harapan. Pengertian manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tertentu, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya
Lurah Meruya Utara, Bapak Zainuddin S.Pd, menyambut baik acara ini. Beliau menyampaikan bahwa acara ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM terutama di masa pandemik Covid-19 dimana para pelaku usaha terkena dampak dari sisi permintaan. Beliau mengungkapkan bahwa semoga para pelaku UMKM yang menjadi peserta pada hari ini bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan melalui materi yang disampaikan.
Materi yang disampaikan dalam acara ini mengenai kiat pengelolaan keuangan dan kiat pengelolaan pemasaran bagi pelaku UMKM, ada beberapa topik yang disampaikan oleh tim Dosen FEB dengan detail sebagai berikut: Topik mengenai Edukasi Manfaat Adopsi E-Commerce Kepada Pelaku Usaha di Meruya Utara disampaikan oleh Febrina Mahliza, S.E., M.Si., Arief Bowo Prayoga Kasmo, P.hD, Ikhyandini Garindia A., S.Mn, M.MT, dan Gusni Aidil Zahar, S.E., MM. Adapun untuk topik Program Pendampingan Brand Image untuk meningkatkan Minat Beli pada pelaku UMKM disampaikan oleh Christian Kuswibowo, M.Sc., Tine Yuliantini, S.Par., MM dan Syafwan, SE, MM. Selanjutnya untuk topik Pelatihan Kiat Mengelola Keuangan dan Mengajukan Pinjaman Usaha bagi UMKM dilakukan oleh Suzan Bernadetha Stephani, SE., MM., Dr. Irwan M. Harahap, SE., MSi. dan Andi Killang Pakkanna, SE., MM. Tidak kalah pentingnya untuk Pelatihan Macro-Risk Management Analysis bagi UMKM dilaksanakan oleh Agus Herta Sumarto, SP., M.Si., Zumali dan Tine Yuliantini, S.Par., M.M. Terakhir untuk tema Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pemasaran Wirausaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelurahan Meruya Utara disampaikan oleh Abdul Rahmat, Kosasih, SE., MM. dan Drs. Sutanto, MM.
Acara ini dihadiri oleh lebih dari 40 peserta dan sebagian besar merupakan pelaku usaha yang berasal dari wilayah Kelurahan Meruya Utara. Meskipun kegiatan dilaksanakan secara daring, para peserta sangat antusias untuk mengikuti acara dan berkontribusi ketika para narasumber memaparkan materi. Pada saat sesi tanya jawab, banyak peserta yang aktif memberikan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan yang mereka sampaikan sangat baik dan jawaban dari pemateri menambah pemahaman dari materi yang diberikan serta sharing pengalaman mampu memotivasi para pelaku UMKM karena sangat up to date berdasarkan permasalahan yang mereka hadapi saat ini sehingga mampu memberikan wawasan dan pengalaman yang mampu menambah rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan Bisnis di era pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *