Danau Situ Cipondoh Warisan Aset Pemprov Banten Perlu di Tata

Kota Tangerang | Danau situ Cipondoh yang berada ada di kecamatan Cipondoh adalah merupakan aset Provinsi Banten awalnya situ ini merupakan pelimpahan dari provinsi Jawa Barat dengan sertifikat pengelolaan kan nomor 1 tahun 1996 atas nama Pemprov Jabar yang telah di balik nama menjadi Pemprov Banten pada 3 April 2010 yang
tertuang dalam berita acara serah terima aset situ Cipondoh nomor 5 9 3/3 3/plk dan 030/153 /plk 2007 tertanggal 31 Januari 2007.

Situ ini perlu perhatian dari pemerintah Provinsi Banten di mana diduga telah banyak penyempitan danau akibat parahnya penggarapan pemanfaatan lahan penggarapan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Menurut Pantauan Media di lokasi perlunya penataan situ ini sebagai aset Pemprov Banten, karena di kawatirkan adanya tumpang tindih masalah tumpang tindih lahan di kemudian hari, Kamis (11/02/21).

Situ ini Jika di kelola dengan baik oleh Pemprov Banten, tentunya bisa tertata dengan baik dan rapi sehingga perannya sebagai Tandon air berfungsi dengan baik.

Dalam buku inventaris Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP) per 31
Desember 2010, diketahui bahwa Situ Cipondoh seluas 1.420.000 meter persegi

Dalam buku inventaris tersebut juga dijelaskan bahwa bukti kepemilikan atas Situ
Cipondoh berupa Sertifikat Hak Pengelolaan (HPL) Nomor 1 tahun 1996 atas nama
Pemprov Jabar yang telah dibalik nama menjadi Pemprov Banten pada 3 April 2010 yang
tertuang dalam Berita Acara Serah Terima Aset Situ Cipondoh Nomor 593/33/plk dan
030/153-plk/2007 tertanggal 31 Januari 2007.

Namun dalam sertifikat HGB Nomor 6587/Cipondoh atas nama PT Griya Tri Tunggal
Paksi (GTP), Situ Cipondoh memiliki luas 1.261.757 meter persegi. Dengan demikian ada
perbedaan luas antara data di buku inventaris dengan sertifikasi HGB seluas 158.243
meter persegi.

Aset daerah merupakan sumber daya penting bagi pemerintah daerah sebagai penopang utama pendapatan asli daerah oleh karena itu penting bagi pemerintah daerah untuk dapat mengelola aset dada aset daerah secara memadai dalam pengelolaan aset daerah pemerintah daerah harus menggunakan pertimbangan aspek perencanaan kebutuhan dan penganggaran pengadaan penerimaan serta serta pemanfaatan pengamanan dan pemeliharaan penilaian penghapusan pengawasan dan pengendalian.

Situ Cipondoh terletak di wilayah kecamatan Cipondoh berbatasan dengan Kecamatan Pinang. letaknya 5 km dari Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Situ ini memiliki peran menjadi tandon air yang turut mempertahankan cadangan air tanah di saat musim kemarau dan tempat resapan curahan air hujan mana tempat tumpang alam resapan air, pemukiman air pemukiman di musim hujan. Red

Reporter : Janri Ginting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *