Hari ini 62 Wartawan Di Karo Dan Asal Luar Daerah, Ikuti Pelatihan Jurnalistik Dan Uji Kompetensi

Ket foto : Kepala Bagian Humas Dan Protokol Setda Kab.Karo Frans Leonardo Surbakti SPPT (tengah) mewakili Bupati Karo membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dan uji Kompetensi Wartawan. Rabu (02/12/2020).

BERASTAGI | Bertempat di Hotel Grand Orri  Berastagi, Rabu (02/11/2020) mulai pukul 10 : 00 Wib. Kegiatan pelatihan jurnalistik dan ujian kopetensi wartawan (UKW) secara resmi dibuka oleh Bupati Karo yang diwakili oleh Kepala Bagian Humas Dan Protokol Setda Kab.Karo Frans Leonardo Surbakti SPPT dan bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab.Karo.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari ini dihadiri puluhan wartawan dari berbagai media cetak, media elektronik maupun wartawan media online termasuk wartawan yang datang dari luar daerah. Acara pelatihan dan uji kompetensi wartawan ini amatan awak media dilokasi, para peserta dan narasumber masing-masing menerapkan arahan protokoler kesehatan dengan tetap mengutamakan kewajiban 3M sebagai upaya penyebaran virus covid-19.

Adapun narasumber yang hadir dalam kesempatan pelatihan dan uji kompetensi kali ini adalah ibu Eni Saeni, S.I.Kom, M.I.Kom Mantan Kabiro di media Tempo dan juga sebagai dosen di Ilmu Komunikasi di Jakarta, Hikmat Gumelar Koordinator Program Institut Nalar Jatinanggor, Ketua PWI Sumut H.Hermansjah, SE dan Rizal R Surya.

Narsum, Eni Saeni dalam pemaparan nya secara tegas dan lugas menerangkan terkait “Teknik Menulis Berita dan Feature”. Mulai dari tahap menulis, menentukan lead yang menarik, jenis lead, lead bertanya, tubuh berita, faktor berita yang menarik, bahasa jurnalistik dan lainya. 

Jurnalis selaku mitra masyarakat dalam  mengedukasi masyarakat. “Menjadi mata dan telinga untuk melihat dan mendengar isue yang sedang berkembang di masyarakat,” kata Eni 

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan dari narsum Himat Gumelar yang membahas topik tentang  “Tulisan Beracun” dan dilanjut dengan sosialisasi tentang penerapan adaptasi kebiasaan baru pencegahan covid-19 dan Pra UKW yang dipaparkan oleh H.Hermansjah, SE.

(Daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *