Jalan Menuju Kawasan Wisata Tongging – Silalahi “Berlubang” Ancam Keselamatan Warga Dan Wisatawan

MEREK | Untuk lebih meningkatkan daya kunjungan wisata  disuatu daerah tentu tak terlepas dari sarana infrastruktur yang memadai, nyaman serta mudah dijangkau, hal itu diupayakan agar minat kunjungan wisatawan dapat terus bertambah.

Kawasan objek wisata selain sebagai penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) , tentunya juga dapat meningkatkan income/pendapatan masyarakat pada umumnya.


Namun untuk menuju desa wisata tongging, tepatnya ditekongan jalan simpang desa sibolangit , kecamatan merek, kabupaten karo, prov sumut terpantau kondisinya berlubang. begitu juga jalan desa tongging – silalahi tepatnya di depan/sebrang wisma sibayak juga ada terdapat lobang menganga diduga tergerus air dan sebagian bangunan tanggul penahan jembatan robohdan dikhawatirkan badan jalan terancam putus.

Dengan keadaan jalan yang rusak tersebut sangat mengganggu aktifitas warga dan sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan pengunjung maupun penguna jalan.

Ket foto : Kondis jalan berlobang di simpang Desa Sibolangit menuju Desa wisata Tongging, Kec. Merek, Kab.Karo yang butuh perhatian Dinas Bina Marga Pemprovsu.

Padahal, kawasan wisata danau toba yang berada di Wilayah Desa Tongging dikenal dengan keindahan panorama alam nya  yang exotick sehingga tempat ini ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal untuk menikmati hari liburnya.

Seorang pengunjung asal kota medan amplas, Iwan kurniawan (40) beserta beberapa  rekannya saat diminta tanggapanya oleh awak media di lokasi jalan desa tongging yang rusak mengatakan, 

“Hampir aja kenderaan kami tadi masuk kelobang yang dalam dan menganga itu bang, karna tidak ada tanda – tanda maupun tulisan bahwa jalan itu kondisinya sedang berlobang. Sepintas kalau dari jauh tidak terlihat, untung kami tadi tidak kencang, sangat berbahaya kali kalau tidak segera diperbaiki jalan itu,” ungkapnya

Surya kurniawan rambe (46) seorang aktifis pemerhati lingkungan dan juga menjabat sebagai sekertaris DPD Walantara Kab.Karo dalam menyikapi terkait kondisi jalan desa tongging yang rusak tersebut, pihaknya menegaskan, 

“Jalan Tongging – Silalahi ini sudah tanggungjawab/kewenangan Dinas Bina Marga Pemprovsu. Dengan situasi jalan yang ada saat ini diharapkan kepada Dinas Bina Marga Pemprovsu agar segera memperbaiki kondisi jalan yang berlobang dan terancam putus ini, jangan sampai nanti memakan korban jiwa baru diperbaiki.” Tegasnya

(Daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *