Kapolres Tanah Karo Turun Langsung Amankan Ratusan Batang Ganja Di Desa Beganding

Ket foto : Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono SH SIK dan Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Karo mengamankan sebanyak 246 batang ganja yang ditanam di perladangan Melas, Desa Beganding, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

TANAH KARO | Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Karo mengamankan sebanyak 246 batang ganja yang ditanam di perladangan Melas, Desa Beganding, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Selasa (15/9/2020).

Informasi yang diperoleh, penemuan ladang ganja ini berawal saat personel Satres Narkoba Polres Karo mengamankan seorang laki-laki bernama Johan Sudiarto Tampubolon (53) warga Jalan Kotacane Kabanjahe, sehari sebelumnya. Ditangkapnya pria paruh baya ini berkat informasi dari masyarakat terkait transaksi narkoba di Desa Kacaribu.

Dari tersangka Johan, polisi menemukan barang bukti berupa 1 buah plastik assoy warna merah diduga berisi ganja kering meliputi ranting, daun, dan biji. Plastik itu dibalut satu lembar kertas warna coklat dengan berat bruto 140 gram. Selain itu, ditemukan 1 bungkus kertas tembakau di dalam jaket pelaku, dan 1 unit telepon genggam merk Nokia warna hitam di kantong celana depan sebelah kanan.

Tersangka berikut seluruh barang bukti selanjutnya diamankan ke Mapolres Karo guna dilakukan pemeriksaan selanjutnya. Dari pengakuan tersangka, barang haram tersebut ia peroleh dari seorang laki-laki bernama Limawan Sitepu (41) warga Desa Beganding.

Berbekal keterangan tersangka, sehari setelahnya polisi kemudian melakukan pengembangan dan memburu pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani itu. Tanpa kesulitan, polisi berhasil mengamankan Limawan Sitepu di kediamannya di Desa Beganding.

Kepada polisi, ia mengakui bahwa barang bukti yang diamankan dari tersangka Johan berasal darinya. Tak hanya itu, ia juga mengakui memiliki ratusan batang ganja yang telah ia tanami di ladang miliknya. Menindaklanjuti itu, Kasatres Narkoba AKP Henry David Bintang Tobing bersama personel menggiring tersangka untuk menunjukkan letak lokasi ladang ganja tersebut.

Di ladang itu, polisi menemukan sebanyak 246 batang ganja utuh yang masih tertanam meliputi akar, batang, ranting, daun dan biji dengan ketinggian 52 cm – 274 cm. Selain itu, juga ditemukan 1 bungkus ganja kering meliputi ranting, daun dan biji dibalut kertas koran dengan berat bruto 400 gram di dalam goni berwarna putih.

Atas penemuan ladang ganja tersebut, Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono SH SIK bersama Kasat Sabhara Polres Karo AKP Enda Tarigan, turun ke lokasi untuk melakukan pengamanan dan pencabutan ratusan batang ganja itu. Tersangka dan barang bukti kemudian diamankan ke Polres Karo guna proses penyidikan lebih lanjut.

(DK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *