Ditabalkan Marga Sitepu, Ketua DPD RI Ir. Drs. AA Lanyalla Mahmud Mattalitti Berikan Bantuan Ribuan Paket APD

Ket foto : Ketua DPD RI Ir. Drs. Lanyalla Mahmud Mattalitti foto bersama Jajaran Pengurus DPD Walantara usai mendapat penghargaan dari suku Karo berupa seperangkat pakaian adat Karo dan pisau khas suku karo (Tumbuk Lada) dan ditabalkan menjadi marga Sitepu bere-bere Perangin-angin saat melakukan kunjungan kerja bersama rombongan di aula Kantor Bupati Karo, Kamis (17/9/2020).

Tanah Karo | Ketua DPD RI Ir. Drs. AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mendapat penabalan marga Sitepu bere-bere Perangin-angin dari kelurga besar sitepu dan tokoh adat Karo Malem Ukur Ginting . Pemberian marga tersebut diadakan saat melakukan kunjungan kerja bersama rombongan di aula Kantor Bupati Karo, Kamis (17/9/2020).

        Sebelum proses penambalan marga Sitepu,  Ketua DPD RI bersama anggota DPD asal Sumut, Badikenita Sitepu dan rombongan senator lainnya disambut Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto,S.Sos dan jajaran Pengurus DPD Walantara Kab.Karo.

       Ketua DPD RI  saat ditabalkan bermarga Sitepu menyampaikan rasa trimakasih atas pemberian marga sitepu kepadanya, sebagai penghargaan terhadap adat budaya Karo,

      “Saya tersanjung atas pemberian marga  dan  sudah bagian dari masyarakat Karo, terimakasih, mejuah-juah,” ucapnya sambil memakaikan baju adat khas Karo dengan disaksikan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan tamu undangan lainnya.


            Menurut Lanyalla, pihaknya menyampaikan rasa empati kepada Pemkab Karo  dan masyarakat  yang menghadapi  dua permasalahan sekaligus  yakni wabah Covid-19 dan dampak erupsi Sinabung.

 “Kami  sangat bisa merasakan betapa beratnya situasi dihadapi pemerintah dan masyarakat Karo. Apalagi  area pertanian di daerah ini terpapar debu vulkanik. Seperti terkena dampak erupsi Sinabung dialami 6 Kecamatan di Kabupaten Karo beberapa waktu lalu. 7 ribu hektar lahan pertanian terpapar debu vulkanik  dan 23 jenis tanaman hortikultura rusak dengan kerugian materi Rp 170 Miliar,”ungkapnya.

    Ia menambahkan belum lagi dampak eknomi akibat Covid-19 yang mengantam banyak  berbagai sektor termasuk menurunnya harga jual komoditi pertanian  dan permintaan menurun. “Kiranya Pemkab Karo dapat mencari jalan keluar dengan membuka pasar baru, selain pasar yang sudah eksisting dan melemah saat ini,” harap La Nyalla.

     Pada kesempatan itu,  Ketua DPD RI juga memberikan bantuan kepada Bupati Karo secara simbolis  ribuan paket  alat pelindung diri (APD) yang berasal  sejumah bantuan dari BNPB dan Kementerian Kesehatan RI dengan rincian dari BNPB terdiri atas 4.000 masker dan 40 dirigen hand sanitizer. 

    Sedangkan dari Kemenkes terdiri atas 1.000 masker, 1.000 alat rapid test dan 400 set baju hazmat.


Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua PPUU (Panitia Perancang Undang-Undang) DPD RI DR. Badikenita Putri Br Sitepu SE. MSI yang juga putri terbaik asal bumi turang ini mengatakan, 

“Pemberian merga Sitepu kepada Ketua DPD RI Bapak AA Lanyalla Mattalitti mengingat karna sudah banyak pejabat yang di tabalkan merga – merga lainnya, namun setau saya belum pernah ada pejabat di sah kan jadi merga sitepu dan oleh kebersedian ketua DPD RI sehingga hal itu terwujud dan sekarang ini kita sudah erturang pak ketua,” ujar Badikenita yang disambut riuh tepuk tangan para tamu undangan yang hadir.

Dirinya juga menambahkan,  “situasi tanah karo saat ini sangat sulit disamping warga sedang berjibaku menghadapi wabah covid-19, disaat itu pula bencana erupsi gunung sinabung yang di tandai semburan abu vulkanick meluluhlantakkan ribuan hektar lahan pertanian di tanah karo, kiranya hal ini dapat menjadi perhatian kita bersama untuk membantu meringankan beban pemkab karo dan khususnya terhadap warga yang terdampak erupsi sinabung ,” beber DR. Badikenita Putri Br Sitepu yang juga selaku Dewan Penasehat DPD Walantara Kab.Karo ini.


     Usai dari kantor Pemkab Karo, Lanyalla didampingi  Bupati Karo bertolak menuju Desa Sukatepu, Kecamatan Taman Neran, Kab. Karo. Untuk menghadiri peringatan hari lahirnya Palang Merah Indonesia ke-75, yang digelar PMI Sumut dan lakukan beberapa penanaman pohon bersama, yang digagas Daris Kaban Selaku Ketua DPD Walantara Kab.Karo.


(Eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *