Pasca Sinabung Meletus, Anggota DPRD Karo Fraksi P NasDem Imanuel Sembiring,ST Pantau Lokasi Terdampak

Ket Foto : Imanuel Sembiring ST, Anggota DPRD Karo yang juga ketua fraksi p nasdem, saat memantau area lahan pertanian warga terdampak yang luluhlantak diterjang abu vulkanick Gunungapi sinabung. Senin (10/08/2020) (dok by.MS)

Tanah Karo – Paparan debu vulkanick sinabung berdampak pada lahan pertanian serta kesehatan masyarakat sekitar yang terdampak, efeknya juga berimbas bagi perekonomian warga 271 Kepala Keluarga (KK) desa Ndeskati, Kecamatan Naman Teran, Kab. Karo, Sumut.

 Kepala Desa, Ndeskati, Rahmat Sitepu beserta beberapa perwakilan masyarakat mengutarakan keluh kesahnya kepada Anggota DPRD Imanuel Sembiring, ST saat mengunjungi kawasan desa itu untuk memantau situasi pasca letusan Gunung Api Sinabung, Senin (10/08/2020).

Menurut Kepala Desa Ndeskati, Rahmat Sitepu kepada awak mesia usai menerima bantuan berupa masker dari anggota dewan daerah pemilihan Karo IV itu, ia lebih melabuhkan pemikirannya terkait kondisi pertanian yang saat ini mendera ekonomi desa yang dihuni 830 jiwa ini.

“Sebagian besar warga yang tinggal di desa ini dan bahkan mayoritas berpenghasilan bertani, akibat semburan abu sinabung kemarin (sabtu) dan hari ini juga, kondisi ekonomi kami semakin terpuruk karna terancam gagal panen dampak semburan material gunungapi sinabung,”ujarnya

Masih menurut Sitepu, “petani disini rata-rata bercocok tanam dengan tanaman muda (sayur-mayur) yang sensitif dengan iklim ditambah tekanan abu vulkanik gunung sinabung otomatis 100 persen tanpa harapan lagi,” jelas Rahmat.

“Akibat dampak abu sinabung yang mencapai ketebalan hingga 0,5 Cm, kami para petani berharap melalui bapak anggota dewan yang hadir saat ini dapat menyampaikan keluh kesah kami kepada Pemerintah, khususnya Pemda Karo ini,” ungkap Kepala Desa.

Selain itu, terkait tebaran debu vulkanik sinabung, meski belum ada sentuhan dari pemda, pihaknya telah melakukan penyiraman secara mandiri dengan warga untuk mengurangi paparan debu yang menyelimuti hampir disetiap sisi desa.

Didepan warga desa Ndeskati, anggota DPRD Karo, Imanuel Sembiring, Ketua Fraksi Nasdem ini langsung menginformasikan kondisi desa itu kepada pihak BPBD, meminta untuk bertindak cepat untuk penanganan pembersihan desa dengan penyemprotan.

Imanuel Sembiring, ST menjelaskan, selain menanggapi penyampaian kondisi warga desa Ndeskati akibat Erupsi Sinabung, sebelumnya, di beberapa desa lainnya sudah menjadi PR baginya, mengingat disituasi bencana, terlebih di kawasan daerah pemilihannya menjadi bagian tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Di awal letusan gunung sinabung Sabtu, 8 Agustus 2020 kemarin, Imanuel Sembiring langsung turun kelapangan untuk melihat kesigapan Pemda Karo yang ditangani langsung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo untuk melalukan pembersihan abu diseputaran Kecamatan Naman Teran. Disamping itu, dirinya juga menyerahkan sejumlah masker kepada warga terdampak. 

“Meskipun itu tidak secara merata kita berharap tidak ada desa yg terabaikan yang terdampak erupsi sinabung,” kata beliau.

Bahkan, akunya, untuk beberapa desa, seperti Naman Teran, Gong Pinto, Sukatepu, Ndeskati, dan kemudian desa Kutambelin ia berusaha kuat dengan menjalin komunikasi terkait dampak dan ancaman erupsi Gunung Sinabung di seputaran Kecamatan Naman Teran.

“Kita berusaha tidak ada yg terlupakan,” tandas anggota dewan yg kesehariannya selalu bersentuhan dengan masyarakat dan akrab dengan gaya cowboy ini.


(DK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *