Kombes Tatan Dirsan Atmaja : Dit Samapta Polda Sumut Kerahkan Water Canon Bersihkan Desa Terdampak Erupsi Gunung Sinabung

Sumut- Dalam rangka Operasi Aman Nusa II TOBA tahun 2020 menghadapi kontijensi bencana alam, personil Dit Samapta Polda Sumut melaksanakan bantuan SAR membantu penanggulangan bencana erupsi gunung Sinabung, Selasa (18/08).


Sebanyak 26 personil Dit Samapta Polda Sumut dikerahkan yang dipimpin langsung Iptu Zulkifli dan Ipda Rotua Sipayung bekerja sama dengan personil Polsek Simpang Empat Polres Tanah Karo.


Sebelum memulai kegiatan, personel terlebih dahulu diberi arahan di Mapolsek Simpang Empat dipimpin oleh Kapolsek AKP RIDWAN HRP. Personil juga dilengkapi oleh satu Unit AWC,satu unit Ransus Raisa, satu unit Rantis SAR serta satu unit Isuzu pick up dengan pompa portable.


Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatam Dirsan Atmaja, S.I.K saat dikonfirmasi mengatakan adapun yang menjadi sasaran daerah yang diberikan bantuan yaitu Desa Naman Kec. Naman Teran Kab. Karo, Sumatera Utara serta Desa Sukatepu Kec. Naman Teran Kab. Karo, Sumatera Utara.


Disana para personil menghimbau agar warga meninggalkan zona merah, khususnya Desa Sigarang-garang dan Desa Sukanalu dimana kedua desa tersebut telah mendapat bantuan sewa rumah sembari menunggu relokasi ke Siosar.


Selain memberi himbauan, personil menggunakan AWC atau water canon dan rantis SAR melakukan penyiraman jalan umum yang tertutup abu vulkanik serta menggunakan pompa portable untuk membersihkan sisa sisa abu di Puskesmas yang berada di Desa Naman Kec. Naman Teran Kab. Karo.


10 orang personil juga dibagi menjadi 5 tim untuk bergerak bersama membersihkan jambur di dua lokasi yang berada di Desa Sukatepu dan Desa Namanteran. Dalam kesempatan tersebut personil turut menerima kunjungan dan pemberian bantuan dari FKPD Prov Sumut yang nantinya disalurkan langsung kepada masyarakart. 


Kegiatan penyiraman yang dilakukan personil Dit Samapta Polda Sumut mendapat respons positif dari perangkat dan warga desa. Masyarakat pun membantu personil dengan menyediakan fasilitas pengisian ulang air AWC dan pompa portabel.

(Leodepari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *