Jalan Penghubung Antar Desa Dan Kecamatan “Terancam Putus” Pemdes Sukarame Harapkan Perhatian Instansi Terkait

Ket foto : Jalan penghubung antar Desa dan Kecamatan yang ada di Desa Sukarame, Kec.Munte, Kondisinya Memprihatinkan dan terancam putus.

Tanah Karo- Kondisi jalan yang sempit, serta minimnya saluran pembuangan air (drenase) dan intensitas curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini, mengakibatkan jalan penghubung antar desa dan antar kecamatan, tepatnya di Desa Sukarame, Kec.Munte, Kab.Karo, Provinsi Sumut. Terancam putus total. Minggu (02/08/2020)

Jalan yang ambles dan terancam putus tersebut diketahui satu-satunya jalan desa sukarame yang menghubungkan antar desa, seperti Desa Barung Kersap, Desa Kaban tua, Desa kuta mbaru, Desa sari munte , Desa Tanjung beringin dan Desa Munte. Dan juga dapat tembus ke desa -desa yang ada di wilayah Kecamatan juhar simbelang. 

Dibagian kiri dan kanan badan jalan tampak amblas dan badan jalan sudah menyempit, sehingga tidak memungkinkan  kenderaan jenis roda 4(empat) untuk berselisih.

Menurut informasi dari warga setempat bahwa semenjak jalan tersebut ambles sudah beberapa kali kenderaan yang mengalami kecelakaan, namun masih bisa di selamatkan berkat bantuaan warga sekitar.

Terpantau, hingga saat ini belum ada tanda-tanda untuk diperbaiki maupun pemasangan rambu-rambu bagi pengendara untuk berhati-hati dari instansi terkait, tampak hanya tanda ala kadarnya yang terbuat dari bambu yang dibuat oleh pemdes sukarame untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Pengakuaan warga dibenarkan oleh Pjs Kades Sukarame Jasmin Purba , saat diminta tanggapannya kepada mahaganews.com dirinya mengatakan, 

“Dampak dari amblas nya badan jalan tersebut, sudah beberapakali pengendara roda empat yang mengalami kecelakaan, pada umumnya kecelakaan terjadi saat malam hari, karna memang di lokasi jalan yang  amblas itu sangat minim lampu penerangan jalan,” ujarnya Jasmin

Pjs kades menambahkan, “terkait amblasnya jalan tersebut, dampak dari pecahnya bubusen (gorong-gorong) yang ada dibagian bawah dasar jalan, yang digunakan sebagai saluran pembuangan air kolam yang ada di samping kiri jalan (bila posisi dari arah kabanjahe) untuk di salurkan ke sisi kanan jalan yang terdapat jurang sebagai pembuangan ahir air. Sehingga saat ini saluran tersebut tak berfungsi lagi, karna tersumbat,” jelasnya

“Kondisi jalan yang sudah amblas ini sudah kami sampaikan ke pihak pemeritah kecamatan dan ke Dinas PUPR , juga pernah kami sampaikan pada saat musrembang kecamatan yang di hadiri anggota DPRD Kab.Karo yang berasal dari dapil kec.Munte pada saat masa resesnya di kantor kecamatan, kala itu. Namun ntah kenapa hingga saat ini belum tampak ada tanda tanda jalan tersebut akan di perbaiki,” Ungkapnya

Pihaknya berharap,  “semoga kondisi jalan yang ambles dan berlobang tersebut dapat segera ditangani dan diperbaiki oleh Dinas PUPR Kab.Karo, mengingat jumlah kenderaan yang lalu lalang semakin ramai setiap harinya, sehingga sangat mengkhawatirkan keselamatan bagi pengguna jalan yang melintas.” Beber Pjs Kades Sukarame Jasmin Purba.

(DK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *