Intesitas Hujan Tinggi Di Lereng Gunung Sinabung, Banjir Lahar Dingin Melumpuhkan Akses Jalan Antar Kecamatan

Tanah Karo – Pasca dilanda erupsi gunungapi sinabung beberapa hari terakhir, saat ini Sabtu, (22/08/2020) Pukul 11 :  10 Wib sedang berlangsung banjir lahar dingin di sejumlah desa yang dilintasi bantaran sungai yang berada disekitar lereng gunung sinabung.

Dampak terparah terparah terasa di Desa sukatendel, Kec. Tiganderket, Kab. Karo, Provinsi Sumatera Utara. Diduga karna tingginya intensitas curah hujan di sekitar puncak gunung api sinabung, mengakibatkan lahar dingin mengalir dengan membawa material pasir bercampur lumpur, bebatuan besar dan kayu-kayu yang sudah lapuk sehingga menutup jalur air sehingga meluber melalui bagian atas jembatan/sabo dam yang dibangun PT PP  yang ada di desa suka tendel. 


Sehingga, jalan penghubung dari desa tiganderket menuju Kecamatan Kutabuluh untuk sementara belum bisa dilewati. Supaya akses jalan dari Tiganderket menuju Kutabuluh dapat dilewati, saat ini dibutuhkan alat berat (excavator)  untuk menormalisasi sejumlah material yang menyumbat jalur air yang ada di jembatan/sabo dam tersebut.


Sementara agar akses jalan dapat dilalui kenderaan, Personil polsek Tiganderket dibantu Relawan dan warga sekitar bahu membahu melakukan normalisasi secara manual, mudah-mudahan sebentar lagi sudah bisa di atasi,


Hal itu dijelaskan oleh Kapolsek Tiganderket AKP Jansen Bangun , saat diminta keterangan oleh awak media saat di hubungi melalui sambungan telphone ke nomor kontak miliknya. 

(Daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *