DPD Walantara Karo Peduli Erupsi Sinabung, Ribuan Masker Ludes Dibagikan

Tanah Karo- Bencana diatas bencana, kalimat ini kerap terdengar dikalangan masyarakat khususnya warga yang tinggal disebagian tempat di kabupaten karo yang terdampak akibat letusan gunung api sinabung. Pasalnya penderitaan sebagian masyarakat Karo bertambah dengan kembali bergejolaknya Gunung Api Sinabung yang terus menerus erupsi dalam beberapa hari belakangan ini.

Erupsi Gunungapi Sinabung yang berada di dataran tinggi Kabupaten Karo ini membuat sejumlah roda perekonomian warga lumpuh, terutama dibeberapa Kecamatan, seperti di Kecamatan Naman teran, Kec. Merdeka dan Kec.Berastagi.

Berastagi yang selama ini dikenal sebagai daerah kunjungan Wisata dan daerah penghasil sayur-mayur di Kabupaten Karo juga sangat terasa dampaknya.


Ribuan hektar sentra pertanian hancur diterjang semburan abu vulkanis dan sebagiannya terancam gagal panen, banyak terlihat tanaman mati tertimbun abu vulkanik. Sehingga tidak sedikit penduduk yang umumnya berpenghasilan dari berkebun dipastikan mengalami kerugian mencapai ratusan milyaran rupiah, demikian juga dengan sektor pariwisata kini terlihat sepi akibat dari abu vulkanik, membuat wisatawan enggan untuk berkunjung  ke daerah wisata kab.karo.

Yang menyedihkan, ditengah duka masyarakat harus dibebani lagi dengan membeli masker dengan harga yang cukup mahal, bahkan kadang mau dibeli juga tidak ada, karena masker saat ini langka dipasaran, ujar Maharani warga Desa Ndokum Siroga kepada Tim Walantara  ditengah-tengah pembagian masker gratis di Wilayah Kecamatan Simpang Empat. pada Jumat,(14/08/2020) siang.

“Menyikapi keluhan  masyarakat yang terdampak erupsi sinabung tersebut, DPD Walantara Karo, berinisiatif mencari donatur untuk membantu memberikan masker kepada saudara-saudara kita yang tengah mengalami musibah Erupsi Sinabung sebagai upaya meringankan beban warga yang tertimpa bencana, agar terhindar dari penyakit batuk, sesak nafas dan inspa kalau terlalu sering menghirup debu vulkanis,” ujar Daris Kaban yang menjabat sebagai Ketua DPD Walantara Karo kepada awak media ditengah kesibukannya membagikan masker kepada pengendara yang melintas.

Dalam kesempatan itu juga, Daris beserta  beberapa pengurus menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada anggota DPD RI DR.Badikenita Putri Sitepu SE, Msi, dr.Jhon Roy Peter Kaban, Arumba 89 dan pihak BPBD Karo yang telah menyumbangkan masker melalui DPD Walantara Karo untuk dibagikan kepada warga di tiga kecamatan, yang diguyur abu vulkanis sinabung yakni Kecamatan Kabanjahe, Simpang Empat dan Berastagi.

Harapan kami semoga ada lagi donatur lain yang mau menyumbangkan masker untuk kita bagikan ditahap berikutnya, karna saat sinabung erupsi seperti ini kebutuhan akan masker pelindung sangat dibutuhkan masyarakat.” Beber Surya Rambe selaku Sekjen DPD Walantara Karo yang di amini oleh beberapa pengurus lainnya.

(Eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *