Dalam Rangka HUT Ke 51, DPD IPK Gelar Aksi Donor Darah, 57 Kantong Darah Berhasil Disumbangkan Ke PMI

Tanah Karo|DPD IPK ( Ikatan Pemuda Karya) Kabupaten Karo menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT IPK yang ke- 51 tahun. Acara perayaan di isi dengan kegiatan potong nasi tumpeng dan aksi sosial donor darah, yang di laksanakan di Jambur Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo Jalan Vetran Kabanjahe Kabupaten Karo, pada Jumat (28/08 ) mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. 

Kata sambutan di awali oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK melalui Wakapolres Karo Kompol Hasian Pangabean yang dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada HUT DPD IPK Kab Karo, semoga tetap Jaya. IPK sudah berumur 51 tahun, kami berdoa kiranya tetap sukses dan jaya, singsingkan lengan, IPK merupakan salah satu alat dari bangsa ini,  terutama wilayah tanah karo. Tunjukkan warna dengan membantu pemerintah, tetaplah dukung program pemerintah, katanya. 

Wakapolres menambahkan, harapan dan himbauan dari aparatur pemerintahan, baik dari Forkopimda, agar keluarga besar IPK ikut dalam mencegah penyebaran Covid 19, karena ini tidak main main. IPK harus menjadi agen perubahan dalam mencegah penyebaran covid 19, saya lihat di acara ini sudah bagus pake hand sanitizer, masker dan berjarak, ini sudah bagus. sekali lagi selamat ulang tahun kepada IPK. Satu hal lagi dalam menjelang pilkada harapan kami supaya rekan – rekan IPK ikut ambil andil membantu pemerintahan untuk mensukseskan pemilu kali ini. Kami mengucapkan selamat ulang tahun semoga IPK jaya selalu,” tutup Hasian. 

Wakil Bupati Karo dr. Cory S br Sebayang yang juga selaku Penasehat DPD IPK Kab Karo mengatakan, acara ulang tahun kali ini, di lakukan bakti sosial donor darah, ini sangat bagus sekali. Saya dengar tadi ada 90 orang yang daftar mendonorkan darahnya. Donor darah sangat membantu dan bagus bagi pendonornya. Bagusnya 6 bulan sekali secara rutin ujar nya.  

Sambung Cory, di kesempatan yang berbahagia ini saya ingin ungkapkan rasa kagum saya kepada ketua IPK di kab karo ini dek Gembira Ginting, karena di bawah kepemimpinannya IPK Karo sangat luar biasa. Karena citra IPK di Kab.Karo sangat baik. Maka dari itu satukan tujuan untuk bersama dalam membangun Karo. Saya selaku penasehat, mengucapkan terima kasih kepada bapak Wakapolres Karo tadi telah memberi saran – saran kepada keluarga IPK, Itu sangat bagus,” ujar cory

 Ketua DPD IPK Karo Gembira Ginting di dampingi Sekretaris Bistok Situmorang pada kesempatan itu mengatakan,

“tidak terasa kita telah melewati waktu, detik demi detik, menit, jam dan tahun. Di hari ini tepat tanggal 28 agustus 2020 kita berulang tahun. Kita telah lalui dengan penuh perjuangan, kedepannya para kader IPK agar lebih solid dan kompak lagi,” Tegas Gembira. 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, “Rekan juang yang sangat saya kagumi, para pengemban tugas yang sabar, loyal, kompak, bersama, bersatu meskipun dalam perjalanan ada sesuatu yang kadang membuat kita goyah, namun semua kita menyadari itu semua merupakan bagian dari perjuangan dalam menjalankan roda organisasi yang kita cintai ini. Dalam hidup adalah catatan sejarah, dalam sejarah adalah perjuangan dan dalam perjuangan adalah pengorbanan itu semua adalah momentum yang tidak bisa kita hilangkan dan tidak bisa kita hindari, namun kita semua memiliki progres, rancangan, rencana, dan tujuan dari atas dasar musyawarah yang kita sepakati guna mensukseskan visi dan misi kita bersama yang sesuai dengan UUD 1945. Untuk itu saya himbau kepada seluruh pengurus agar lebih mantap dan lebih koperatif di hari kedepan. Di kesempatan ini saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pendonor darah yang datang dari para kader maupun simpatisan IPK.” Beber Gembira Ginting.  

Jesaya Pulungan selaku panitia bakti sosial donor darah dalam rangka HUT IPK ke 51  menyampaikan,

“setidaknya lebih dari 90 orang yang sudah terdaftar, namun tadi karena batas waktu yang sudah di tetapkan di akhir waktu pukul 15.00 WIB, data total pendonor yang kita terima dari tim Palang Merah Indonesia ( PMI) Kab Karo, ada sebanyak 57 Kantong darah ukuran 350 cc, sesuai dengan jumlah kantong yang mereka bawa sebanyak 58 kantong,” ungkapnya

Terima kasih kepada pendonor baik dari masyarakat maupun dari jajaran kader IPK kabupaten Karo yang turut berpartisifasi dalam kegiatan ini yang namanya tidak saya sebutkan satu persatu dan terima kasih juga kepada PMI Karo, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat ” ujar Jesaya.

 Kepala Markas PMI Kab Karo Nia Lestari br Perangin angin S.IKom mengatakan, 
“saya mewakili tim dari PMI mengucapkan terima kasih sebanyak – banyaknya kepada DPD IPK Karo. Atas partisipasinya untuk menyumbangkan sebanyak 57 Kantong darah yang berukuran 350 cc. Selanjutnya darah ini akan di uji saring penyakit HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, dan sifilis. Setelah lolos uji saring, akan diberikan kepada orang yang membutuhkan, baik ke pasien rumah sakit swasta maupun Negeri. Besok bakal diperiksa golongan darah masing – masing pendonor. Setelah itu direkap dan diberi ke panitia acara HUT IPK. Semoga darahnya bisa berguna dipakai bagi yang membutuhkan,” kata Nia. 

Turut hadir dalam aksi bakti sosial donor darah dalam rangka memperingati HUT ke 51 IPK ini, perwakilan dari Kejari Karo Mas Benny, Kadis Kesbang Linmas Tetap Ginting, Wakil ketua DPRD Karo, David Kristian Sitepu dari Fraksi Nasdem, anggota DPRD Kabupaten Karo, Firman Firdaus Sitepu dari Fraksi Golkar,  Rehulina Beru Tarigan ( Istri Ketua IPK Karo) dari Fraksi Nasdem, Raja Urung Mahesa Tarigan dari Fraksi Partai Demokrat yang keseluruhan anggota DPRD yang hadir merupakan kader IPK, Ketua KPU Karo Gemar Tarigan, dr.Yehezkiel Ginting Kepala UTD PMI Karo, Elovani Staff Markas, Yulpina Tarigan, Analis UTD, Lidya Analis UTD PMI Kab Karo dan perwakilan seluruh kader IPK Karo. 
(DK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *