DPD Walantara Kab.Karo, Tanam Ratusan Bibit Pohon Di DAS Desa Kuta Mbaru

TANAHKARO|MAHAGANEWS.COM
Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan, Dewan Pengurus Daerah Wahana Lingkungan Alam Nusantara (DPD WALANTARA) Kab.Karo mengadakan kegiatan penghijauan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) diseputaran Desa Kuta Mbaru, Kec. Tiganderket, Kab.Karo. Kamis (25/06/2020) Mulai pukul 13 : 00 Wib

Desa Kuta mbaru, Kec.Tiganderket, Kab.Karo adalah salahsatu desa yang ada disekitar lereng gunung sinabung dan desa pertama yang berada di jalur lintasan lahar dingin berada dikaki gunung sinabung dan hanya berjarak 4km dari kawah gunung sinabung.

Mengingat bencana banjir lahar dingin yang kerap timbul dan menjadi masalah yang serius. Hali ini menjadi perhatian dpd walantara, upaya menjaga dampak kerusakan yang timbul di desa-desa yang di lintasi lahar dingin sinabung juga terus dilakukan walau dengan segala keterbatasan.  Dampak dari erupsi gunung sinabung di masa lalu mengakibatkan banyak pepohonan yang mati dan kering dihantam awan panas sinabung dan mengakibatkan lingkungan disekitar kawasan gunung sinabung kini sudah tampak gersang.

Gunung sinabung memang untuk saat ini tidak lagi erupsi, namun yang menjadi dilema terhadap masyarakat sekitar, dikala musim penghujan tiba dengan intensitas tinggi.

Tingginya curah hujan menimbulkan banjir lahar dingin sinabung dan kerap membawa hanyut tongkol kayu-kayu berukuran besar, material bebatuan dan material pasir yang kerap menyumbat daerah aliran sungai dan tak jarang meluber menghantam area lahan pertanian dan merusak tanaman milik warga.

Menyikapi hal itu DPD Walantara Kab.Karo bekerjasama dengan  Dinas Lingkungan Hidup Kab.Karo serta didukung penuh para Dewan penasehat DPD Walantara Karo Dr Badikenita Br Sitepu SE, M.Si , Danu Sebayang SH,MH, dr John Peter Roy Kaban dan tak luput didukung oleh Pemerintah Desa Kuta Mbaru, Kegiatan penghijauan di daerah sepanjang aliran sungai yang ada di desa kuta mbaru dapat terlaksana.

Tampak tim walantara dan beberapa masyarakat dibantu perangkat desa menanam ratusan bibit pohon disepanjang aliran sungai.

Kedatangan tim Walantara Kab.Karo disambut hangat oleh Pjs Kades Kuta mbaru, Daud P beserta beberapa tokoh masyarakat  setempat juga langsung menjamu tim untuk makan siang bersama sebelum  melakukan kegiatan penanaman pohon. 

Dijumpai usai acara penanaman ratusan pohon disepanjang aliran sungai desa kuta mbaru, Daut P selaku Pjs Kades Kuta Mbaru kepada awak media mengatakan, 

“Terimakasih kepada DPD Walantara atas kepeduliannya terhadap alam dan lingkungan khusus di desa kami, semoga dengan adanya kegiatan penanaman pohon di sepanjang aliran lahar dingin Gunung Sinabung dapat membantu masyarakat desa, apalagi jenis bibit pohon yang ditanam tadi bisa bermanfaat bagi warga, karna jenis bibit pohon yang ditanam tadi saya lihat ada durian, petai, jengkol, aren dan rambutan, yang nantinya bila dipelihara dengan sungguh sungguh dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa kami,”ujarnya

Daut juga menambahkan, “harapan kami kususnya masyarakat yang ada disekitar lereng gunung sinabung kepada kementrian lingkungan hidup dan kehutanan RI dan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kab Karo agar kiranya progam dan kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan, jangan hanya sampai disini saja.”jelas Pjs Kades Kuta mbaru

“Bukan hal yang jarang terjadi, dampak dari lahar dingin sinabung , kayu-kayu dibawa hanyut oleh derasnya arus, dan kerap memutus jalan menuju sebagian area pertanian yang ada disekitar perldangan Lau Makam ini, kiranya pemkab karo dapat membangun jembatan di lintasan sungai lau makam, karena kalau air membesar warga tidak bisa lagi melintas menuju ladangnya, kami juga mohon bantuan alat berat untuk menormalisasi aliran laharan, semoga hal ini  jadi perhatian Dinas PUPR Kab. Karo. Sekali lagi kami berharap kepada DPD Walantara untuk bisa menjembatani ke Pemerintah semoga apa yang kami harapkan bisa terealisasi.” Beber daut mengakhiri.

Ditempat yang sama Daris Kaban selaku Ketua DPD Walantara Ka.Karo mengatakan, 


“kegiatan penghijauan seperti ini akan terus kita lakukan walaupun belum begitu maksimal, tapi hal ini sudah menjadi program kerja berkelanjutan, mengingat situasi saat ini lagi pandemi covid 19,  jadi belum bisa berbuat maksimal dan hanya membawa beberapa tim karna berbagai kesibukan rekan rekan yang lain yang tak dapat ditinggalkan,” ujarnya

“Namun begitu program ini akan tetap kami upayakan terus berjalan sebagi upaya menjaga kelestarian lingkungan dan tetap berprinsip menjaga serta melestarikan habitat hutan.

Tak hanya ini, upaya memantau kegiatan-jegiatan perambahan hutan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dibeberapa kawasan hutan lindung yang ada dikabupaten karo telah kita laporkan kepihak berwajib dan akan kita ikuti terus proses laporan tersebut. Prinsipnya kami dpd walantara akan berupaya menghentikan kegiatan ilegal logging yang ada di Kab.Karo ini.” Tegas Daris Kaban Ketua DPD Walantara Karo 

(Eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *