Senyum Sumringah Terpancar Dari Wajah 39 KK Warga Desa Parimbalang Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahap I

Ket Gambar : Proses penyaluran BLT DD tahap l (satu) di Desa Parimbalang, Kec.Munte di hadiri langsung oleh Camat Munte Sanusi Sembiring, Koramil 06/MT, Pendamping Desa dan Pemdes setempat.

KARO|MAHAGANEWS.COM- Proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap I berjalan lancar dan kondusif, Tercatat ada berjumlah 39 KK yang terdata sebagai penerima manfaat dampak pandemi corona virus disease  Covid-19 T.A 2020, dengan jumlah anggaran yang di glontorkan dari dana desa  untuk tahap I ini sebesar Rp. 23.400.000,-. Minggu (31/05/2020) Sekitar  pukul 10 : 00Wib. Bertempat dibalai desa (jambur) Desa Parimbalang, Kec. Munte, Kab.Karo, Provinsi Sumut.    

            Penyaluran BLT DD didesa parimbalang turut di hadiri Camat Munte Sanusi Sembiring, Babinsa Koramil 06/MT , Perwakilan Kapolsek Munte, BPD, Pemerintah  Desa , Pendamping Desa, Pendamping lokal desa, dan puluhan warga penerima manfaat bantuan. Tampak senyum sumringah terpancar dari wajah wajah para warga masyrakat mendengar kabar bahwa hari ini dilaksanakan pembagian BLT Dana Desa untuk tahap l (satu)

            Pandemi Covid-19 datang dengan membawa berbagai macam dampak. Tidak hanya dampak kesehatan, tetapi juga dampak sosial dan ekonomi. Pada sisi lainnya, kemampuan masyarakat memiliki keterbatasan menghadapi dampak ini semua. Lalu, datanglah berbagai macam kebijakan jaring pengaman sosial dari pemerintah, salah satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT)-Dana Desa.

            Hal itu dibenarkan Juneidi Sembiring yang menjabat sebagai  Kepala Desa Parimbalang , Kepada awak media dijelaskan bahwa , “hari ini ada 39 kk yang tercatat sebagai penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari dana desa sudah disalurkan kepada masyarakat yang terdampak virus disease covid-19. Masing masing per kepala keluarga di serahkan sebesar Rp.600.000,- uang tunai kontan (Cash) diberikan langsung, tanpa ada potongan sepeser pun,” jelasnya

            “Dari total dana desa tahap l(satu) yang masuk ke kas rekening desa berjumlah Rp.195.000.000,-  hanya bisa dicairkan Rp.23.000.000,- saja yang baru  bisa di cairkan, itu untuk pembayaran BLT DD tahap I(satu) karna kalau dana desa hanya bisa ditransfer sebesar 15% khusus untuk alokasi BLT DD. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan digunakan sebaik-baiknya” Terang Juneidi Sembiring

           BLT-Dana Desa adalah bantuan untuk penduduk miskin di pedesaan yang bersumber dari Dana Desa. Besaran bantuan yang akan diterima oleh masyarakat adalah Rp. 600.000,00 perbulan/keluarga selama bulan April sampai Juni. Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Desa PPDT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa, PPDT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Tujuannya adalah membantu masyarakat miskin yang rentan secara ekonomi dan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari selama pandemi Covid-19.

Daris Kaban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *