Polres Tanah Karo Mengaku Belum Menerima Laporan Terkait Pendirian Tower PT Telkomsel Dilahan Milik Pemkab Karo

KARO|MAHAGANEWS.COM- Satu unit tiang tower yang diduga milik PT Telkomsel berdiri tegak di lahan milik Pemkab Karo, terdata dan terdaftar sebagai lahan aset Dinas Pertanian Kabupaten Karo dan aset milik Dinas Perindustrian dan perdagangan Kab.Karo yang berlokasi di Desa Bandar Tongging, Kecamatan Merek.

Hasil penelusuran wartawan, tower milik PT Telkomsel tersebut diduga tidak memiliki ijin pendirian (IMB) serta ijin pinjam pakai di lahan Dinas Pertanian tersebut. Keberadaan tiang tower milik PT Telkomsel tersebut hingga kini, Kamis (28/5) masih tetap beroperasi sebagai mana biasanya.

Kadis Pertanian Kabupaten Karo, Ir.Metehsa Purba, melalui sambungan seluler menjelaskan, bahwa  pendirian tower milik Telkomsel tersebut tidak ada ijin dari Dinas Pertanian.

“Kita tidak tahu kapan didirikan oleh pihak PT Telkomsel, keberadaan tower ketahuan saat Bupati karo meninjau lokasi itu yang direncanakan dijadikan lokasi uji KIR Dishub,” katanya.

Meski demikian, hingga berita ini dirilis, belum ada berita acara untuk tindakan pengaduan yang akan dilakukan Pemkab Karo prihal penyerobotan lahan tanpa ijin tersebut kepada aparat penegak hukum atau belum ada dibuat pengaduan (laporan tertulis resmi)

Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus, melalui Kasat Reskrim AKP Sastrawan Tarigan SH, saat ditemui diruang kerja nya menegaskan,  “bahwa belum ada laporan tertulis secara resmi kepada pihaknya (Polri) dari Dinas Pertanian ataupun dari pihak Pemkab Karo terkait permasalahan pendirian tower di lahan milik pemkab,” jelas kasat

Bahkan, pada saat Kanit Tipiter Polres tanah karo diwawancarai, ia meminta kepada Kepala Dinas Pertanian atau dinas yang membidanginya supaya segera mengantarkan laporan ke Polres Karo agar dapat segera di proses,terangnya

Ingin mengetahui lebih lanjut, saat Mahaganews.com mencoba menghubungi pimpinan PT Telkomsel yang pada saat pendirian tower dilahan milik pemkab karo itu atas nama Surya melalui pesan singkat watshaap nya, Surya  mengatakan bahwa dirinya sudah pindah tugas. 

Kemudian ia memberikan nama dan nomor ponsel pegawai Telkomsel Kabanjahe untuk dimintai keterangannya.

 “Hubungi Si Ayu ya bg, ini nomornya, dia yang handle Corcomm Telkomsel Kabanjahe,” isi pesan WA nya.


Namun walau sudah 3 kali dikonfirmasi oleh awak media ke nomor kontak watshaap nya,  hingga berita ini diturunkan, nomor ponsel Ayu hanya membaca pesan Whatsap yang dikirim dan belum menjawab pertanyaan wartawan.

Menyikapi hal tersebut Dewan Pengurus Daerah Wahana Lingkungan Alam Nusantara (DPD WALANTARA) Kabupaten Karo, Secara resmi melaporkan Pihak PT Telkomsel ke Polres Tanah Karo terkait surat ijin pendirian tiang tower atau ijin pinjam pakai lahan milik Pemkab Karo tersebut. Laporan pengaduan diterima lansung oleh staf polres tanah karo. Kamis (28/05/2020) pukul 17 : 00 wib
(Daris Kaban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *