Penyemprotan Disinfektan di lakukan oleh Kepala Desa Tanjung Mbelang Kec. Tiganderket Kab. Karo

mahaganews.com  – Karo

Penyemprotan Disinfektan  di lakukan oleh Kepala Desa Tanjung Mbelang Kec. Tiganderket Kab. Karo  bersama puskesmas kecamatan  disaksikan oleh bimas dan babinsa setempat bersama karang taruna dan tokoh masyarakat kerumah rumah warga.

Juri Ginting selaku Kepala Desa Tanjung Mbelang Kec. Tiganderket Kab. Karo  mengatakan kepada awak media bahwa kegiatan ini merupakan Antisipasi pencegahan mata rantai virus corono  ( Covid-19)  diwilayah kami

Penyemprotan disinfektan ini menjadi salah satu cara kami dan warga  untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19 di tempat-tempat publik.

Namun ,Juri  menegaskan bahwa strategi ini harus disertai dengan pembatasan aktivitas manusia di luar ruangan agar benar-benar bisa efektif mencegah COVID-19. jadi phisical distance harus dilakukan oleh warga, ia juga mengatakan bahwa suatu daerah tetap bisa tercemari lagi meski pun sudah dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Ketika orang hanya ada di rumah, disinfektan ini akan efektif karena tidak ada pencemaran lagi,” kata Juri  Sabtu (29/3/2020).

“Ketika satu daerah didisinfektan kemudian nanti dalam satu dua hari ramai lagi orang di situ, menempel lagi tangan disentuh di dinding segala macam, akhirnya infectious lagi daerah tersebut,” ujarnya. makanya kami selaku pemerintah desa dan lembaga desa lainnya selalu sosialisi kemasyarakat agar betul betul dipahami”ujarnya lagi.

Sehingga Juri mengatakan, sesudah suatu tempat diberikan penyemprotan disinfektan, tidak ada lagi orang yang berada di area tersebut.

“Jadi efektif adalah setelah disinfektan sudah selesai. Tidak ada lagi orang lagi yang masuk situ. Itu kalau mau dibilan disinfektan efektifnya bagaimana,” kata Juri.

Selain itu, penyemprotan disinfektan juga harus dilakukan secara rutin dan konsisten apabila metode tersebut ingin dilakukan. “Konsisten yang penting. Jadi secara reguler disinfektan,” katanya.

Walaupun begitu Juri menegaskan bahwa yang terpenting dalam pencegahan COVID-19 adalah dengan tetap menjaga jarak satu sama lain serta berada tetap di dalam rumah. Sia-sia saja apabila penyemprotan disinfektan tidak disertai dengan adanya penerapan strategi pencegahan virus corona yang lain. ( tedi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *